Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Keunggulan Nitrogen yang Baik untuk Ban Kendaraan

(Foto: Andri Budiman/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Pemilik kendaraan memiliki dua opsi ketika ingin menambah tekanan udara pada bannya, yaitu apakah memilih nitrogen atau udara biasa. Pilihannya tentu kembali kepada masing-masing.

Meski demikian, mekanik di salah satu bengkel mobil umum Kota Bogor, Iman menyebutkan jika nitrogen mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan udara biasa.

Menurutnya, nitrogen mampu mempertahankan tekanan udara pada ban walau dipakai untuk jarak jauh atau ketika kendaraan disimpan dalam waktu yang cukup lama dan tidak digunakan. Selain itu, nitrogen juga memiliki keunggulan berupa suhu yang lebih stabil. Sehingga ban tidak mudah panas.

"Keunggulan lainnya dari penggunaan nitrogen yaitu ban terhindar dari ancaman karat. Udara yang mengandung air terlalu banyak akan membuat karat muncul, terutama kendaraan yang menggunakan pelek logam. Karat yang jumlahnya tidak terlalu banyak tapi lama-kelamaan akan merusak pelek," ungkap Iman, Jumat (02/7/2021).

Masih kata Iman, keunggulan lainnya dari nitrogen karena lebih aman digunakan. Sebab, ujarnya, suhu pada nitrogen lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan oksigen. Sehingga membuat udara yang ada di dalam ban lebih stabil atau tidak naik turun. Dengan begitu maka akan mengurangi risiko ban meletus akibat panas yang berlebih.

"Pemakaian nitrogen juga akan membuat pengendalian kendaraan lebih stabil. Hal ini dikarenakan nitrogen merupakan salah satu unsur yang tidak mudah terkontaminasi dan tidak mudah terpengaruh oleh unsur lainnya," paparnya.

Posting Komentar

0 Komentar