Ticker

6/recent/ticker-posts

Hindari Tabrak Belakang, Gunakan Lampu Sein dengan Benar

Letak tombol lampu sein pada skuter matik (skutik). (Foto: Andri Budiman/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Perilaku pengendara di Indonesia sangat bermacam-macam, dan bahkan masih banyak sering ditemui yang mengabaikan keselamatan seperti halnya ketika hendak berbelok atau putar arah dengan tidak menggunakan lampu sein.

Kebiasaan yang membahayakan ini kerap ditemui pada pengendara sepeda motor dan kebanyakan dilakukan oleh kaum hawa. Terkadang ada yang salah menyalakan lampu seinnya, tidak sesuai dengan arah yang ditujunya.

Seperti disebutkan Baehaqi, mekanik di salah satu bengkel resmi sepeda motor di kawasan Tajur, Kota Bogor, sejatinya lampu sein memiliki fungsi sebagai alat komunikasi dan isyarat untuk pengguna jalan lain dan bukan sekadar aksesoris yang disematkan di kendaraan roda dua.

"Sayangnya memang masih banyak seperti itu, pengendara motor yang mengabaikan lampu sein ketika akan berbelok. Padahal instrumen itu sangat penting dan wajib, bukan cuma aksesoris. Soal penggunaan lampu sein ini bahkan tercantum di dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan," kata Baehaqi, Senin (5/7/2021).

Tidak cukup dengan menyalakan lampu sein, ia juga menyarankan setiap pengendara untuk menoleh sesaat ke arah belakang. Hal itu untuk memastikan keadaan di belakang aman.

"Untuk lebih safety lagi, pengendara harus melihat atau menengok ke arah belakangnya. Ini untuk memastikan supaya benar-benar aman. Karena, masih ada area blind spot (titik buta) yang tidak terjangkau oleh kaca spion," jelasnya.

Mengenai waktu yang ideal untuk menyalakan lampu sein, Baehaqi menyebutkan setidaknya dari jarak minimal 30 meter. Dengan begitu kendaraan yang ada di belakang kita sudah bisa melihat dan mengantisipasi jika kendaraan yang ada di depannya akan berbelok.

"Dengan tata cara berkendara yang baik dan benar seperti penggunaan lampu sein itu dapat menciptakan keselamatan dalam berkendara, dan pengendara yang bersangkutan hendak berbelok pun akan terhindar dari ancaman bahaya tabrak belakang," tutupnya.

Posting Komentar

0 Komentar