Ticker

6/recent/ticker-posts

Bukan Cuma Masker, Ini Pentingnya Sarung Tangan Buat Biker

(Foto: Andri Budiman/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Lantaran tidak ada perlindungan maksimal selama berkendara, maka para pesepeda motor wajib menggunakan perlengkapan standar demi menunjang keamanannya.

Sebab, jika terjadi insiden kecelakaan akan sangat berisiko mengalami luka cukup serius bahkan hingga merenggut nyawa bila tidak menggunakan sejumlah perlengkapan wajib seperti helm, jaket, sarung tangan sampai sepatu.

Hal tersebut masih banyak ditemui di jalanan para pemotor yang berkendara dengan perlengkapan seadanya tanpa memikirkan risiko dan tidak menyadari betapa berbahayanya jalan raya.

Salah satu yang ingin dibahas kali ini mengenai pentingnya penggunaan sarung tangan. Meskipun bagi sebagian biker beranggapan jika tidak menggunakannya pun tidak akan berpengaruh signifikan terhadap kenyamanan dan keamanan berkendara. Padahal justru hal tersebut keliru.

Sebab, sama halnya dengan perlengkapan yang lain bahwa penggunaan sarung tangan akan bisa meminimalisir risiko cidera parah saat terlibat insiden kecelakaan di jalan raya.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan sarung tangan ketika mengendarai sepeda motor. Pilihlah sarung tangan yang menutupi seluruh jari dan bukan model yang hanya setengah menutupnya. Selain itu, penggunaan sarung tangan juga bisa untuk menghindari panas dari sengatan sinar matahari saat berkendara di tengah cuaca terik.

Dengan menggunakan sarung tangan sesuai spesifikasi keselamatan berkendara, yaitu bahan yang nyaman, lembut dan kuat, maka dapat menghindari pemakainya mengalami cidera serius saat terjadi kecelakaan.

Apalagi mengingat saat ini yang masih di masa pandemi, maka penggunaan sarung tangan pun menjadi wajib hukumnya. Setidaknya berfungsi untuk menghindari kotoran, debu bahkan droplet dari orang lain ketika berkendara.

Begitu pula ketika biker berkendara di malam hari, sarung tangan bisa mengurangi rasa dingin dari terpaan angin atau hujan.

Posting Komentar

0 Komentar