Ticker

6/recent/ticker-posts

Bukan Aksesoris, Ini Pentingnya Spion di Kendaraan

(Foto: M. Sopiyan)



Penulis: M. Sopiyan
Editor: Donni Andriawan S

BOGOR, Bogor24.id -- Masih banyak ditemui pengendara baik itu mobil atau motor yang kerap asal nyelonong masuk ke jalan raya ketika keluar dari gang, jalan permukiman atau setelah parkir di tepi jalan tanpa melihat kaca spion atau keadaan sekelilingnya.

Tindakan salah tersebut pasti sangat berbahaya bagi orang di sekitar maupun pengendara yang tengah melaju di jalan raya, lantaran mereka bisa kaget dengan manuver tiba-tiba yang dilakukan pengendara. Apalagi bila kendaraan di belakang sedang dalam kecepatan tinggi.

Kurangnya pemahaman dan pengetahuan berlalu lintas dan standar keselamatan berkendara itulah yang mengakibatkan banyaknya pengendara bertindak ceroboh yang berujung pada kecelakaan.

Salah satu penyebab dari tindakan itu lantaran pengendara tersebut tidak melihat kaca spion samping maupun menoleh ke belakang dan memperhatikan keadaan sekitarnya. Padahal prosedur sederhana dalam berkendara itu menjadi salah satu hal wajib yang harus dilakukan sebelum menjalankan kendaraan.

Harus diingat karena kaca spion bukanlah aksesoris yang terpasang sebagai pemanis atau pendongkrak penampilan kendaraan. Pihak pabrikan pun sudah memperhitungkan ukuran, dimensi dan letak pemasangannya sesuai dengan kaidah-kaidah berlalu lintas.

Bahkan ketika sudah berada di jalan raya pun, setiap pengendara harus selalu melihat kaca spion kendaraannya. Hal tersebut dimaksudkan untuk memantau keadaan di belakangnya, apalagi bila hendak berbelok.

Oleh karena itu, kembali diingatkan kepada semua pengendara agar paham dengan seluruh komponen yang terpasang di kendaraannya. Sebab, semuanya dipasang lantaran memiliki fungsi untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Posting Komentar

0 Komentar