Ticker

6/recent/ticker-posts

Batu Tapak Camping Ground, Berkemah di Kaki Gunung Salak

(Foto-foto: highlamp camp)




Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S

CIDAHU, Bogor24.id -- Berlibur dengan destinasi wisata alam kini semakin digemari banyak orang. Bukan hanya para petualang dan pehobi saja, namun sekarang bahkan banyak dilakukan kalangan keluarga termasuk mereka yang mempunyai anak-anak.

Tidak saja sangat menyenangkan bisa berwisata di alam dengan berkemah bersama keluarga, namun wisata alam (ecotourism) ini telah menjadi kebutuhan orang khususnya mereka yang tinggal di perkotaan.

Kali ini Bogor24.id akan mengulas kembali destinasi ecotourism yang secara jarak tempuh tidak terlalu jauh dari Kota Bogor. Yaitu Wisata Alam Batu Tapak Camping Ground yang berada di Cidahu, Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Camping ground yang ramah keluarga ini berada di area pegunungan dan masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) yang berada pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut dan memiliki area seluas 2.5 hektar dengan lansekap alam yang berkontur (berundak) serta berbukit dengan lahan perkemahan yang terdiri atas tiga lapangan yang letaknya berjenjang dengan area perkemahan yang tertata apik, rapi dan bersih. Bahkan sebagiannya berada di sekitar aliran sungai.

Ketiga lapangan berkemah di lingkungan utama perkemahan Batu Tapak ini berjarak sekitar 55 meter ke lokasi mendirikan tenda yang terdekat dari tempat parkir. Jarak akan berbeda tergantung pada pilihan lokasi berkemah. Terdapat akomodasi dengan beragam model tenda sebagai tempat menginapnya dengan lingkungan berkemah yang dilengkapi fasilitas buatan untuk menunjang kenyamanan para pengunjungnya seperti front office, restoran atau kafetaria, mushola, lapangan parkir, saung-saung bambu, toilet, dan lainnya.



Seluruh fasilitas tersebut masih ditambah dengan bonus keunikan dan keunggulan alam lainnya yang ada disekitar Batu Tapak berupa curug (air terjun) mini, persawahan, kebun sayur, sungai hingga jalur treking hutan.

Ditambah Batu Tapak Camping Ground memiliki anugerah yang luar biasa. Ini dikarenakan memiliki pemandangan Gunung Gede Pangrango, hutan pegunungan bawah dengan dominasi vegetasi pohon damar.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menginap di sana, pihak pengelola menyediakan dua model akomodasi dengan tenda sebagai tempat menginapnya. Yaitu model tenda  dome double layer yang memiliki dimensi inside 3,5 m x 2 m  dengan titik tengah 1,9 meter, dilengkapi dilengkapi dengan empat buah kasur yang dapat diisi empat orang. Setiap kelompok tenda diperlengkapi oleh flysheet putih sebagai pengaman tambahan.

Tenda lainnya memiliki model berbentuk setengah lingkaran yang memanjang ke belakang, ini khusus untuk keluarga atau kelompok dengan kapasitas tampung hingga 17 orang dengan 17 buah kasur.

Kemudian ada Tenda Rofi Light Weight Emergency Tent (LWET) lorong, merupakan tenda yang memiliki dimensi panjang enam meter, lebar tiga meter dengan tinggi dua meter yang berbahan parasit waterproof dengan frame fiber berukuran 54 centimeter.

Posting Komentar

0 Komentar