Ticker

6/recent/ticker-posts

Baru Turun Hujan Pemotor Jangan Langsung Tancap Gas

(Foto: Andri Budiman/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Kawasan Bogor dan sekitarnya belakangan ini hampir setiap hari selalu diguyur hujan, bahkan terkadang dengan intensitasi tinggi. Kondisi cuaca tersebut tentu harus diwaspadai para pengendara sepeda motor.

Sebab, guyuran hujan yang turun akan membuat kondisi jalanan menjadi licin. Ini terutama di menit-menit awal ketika hujan baru turun, karena di momen tersebut beragam kotoran seperti debu, pasir, tanah bahkan mungkin tumpahan bahan bakar minyak (BBM) hingga pelumas (oli) yang ada di permukaan aspal akan bercampur dengan air hujan. Inilah yang membuat jalanan menjadi licin.

Oleh karena itu, ketika gerimis atau hujan baru turun disarankan para pengendara sepeda motor untuk tidak memacu kecepatan lantaran menghindar supaya tidak kebasahan atau mencari tempat untuk berteduh.

Namun sayangnya banyak ditemui pengendara sepeda motor yang justru berperilaku seperti itu. Hal tersebut dilakukan lantaran kurangnya pemahaman dan pengetahuan dasar-dasar berkendara yang aman, yang pada akhirnya akan memicu terjadinya kecelakaan.

Maka, ketika menemui kondisi tersebut ada baiknya untuk memacu kecepatan dengan perlahan atau normal sesuai kondisi lalu lintas yang dilalui. Jika memang ingin menepi untuk berteduh atau hendak memakai jas hujan, untuk memperhatikan kondisi belakang melalui kaca spion atau bila perlu menoleh ke belakang untuk memastikan aman. Jangan pernah langsung berhenti atau memotong jalur orang lain.

Meskipun momen rawan hanya ada di sekitar 10 menit awal hujan, namun bukan berarti setelah melewati masa itu lantas langsung tancap gas. Karena, permukaan jalan akan tetap licin dan berpotensi ban sepeda motor mengalami selip. Entah itu karena adanya genangan air atau lantaran lubang yang tertutup oleh air sehingga dihajar pemotor tanpa bisa menghindarinya.

Apalagi mengendarai sepeda motor membutuhkan keseimbangan dan kestabilan lebih tinggi tidak seperti mengendarai kendaraan roda empat. Maka, yang benar dan paling ideal adalah dengan tetap menjunjung etika berkendara yang aman dengan mematuhi aturan lalu lintas termasuk tidak memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi. Harap diingat, jalan adalah fasilitas umum yang sama-sama digunakan orang lain.

Posting Komentar

0 Komentar