Ticker

6/recent/ticker-posts

Awas Ancaman Ban Serep Lepas di Jalan

(Foto: M. Sopiyan/Bogor24.id)



Penulis: M. Sopiyan
Editor: Donni Andriawan S

BOGOR, Bogor24.id -- Setiap kendaraan roda empat atau lebih pasti telah dilengkapi ban serep oleh setiap pabrikannya. Fungsinya tentu sebagai cadangan ketika ban yang dipakai mengalami kempis atau bocor.

Lantaran kebanyakan penempatan ban serep ini berada di bagian kolong mobil, maka setiap pemilik kendaraan harus memastikan jika sudah dalam keadaan aman atau sudah terkunci. Jangan sampai ban serep ini terlepas yang akan sangat membahayakan orang lain.

Meski tidak sering, namun kerap terjadi insiden ban serep yang terlepas. Ini terutama saat melaju di jalan tol yang notabene mayoritas kendaraan dipacu dalam kecepatan tinggi. Jika itu terjadi tentunya akan sangat berbahaya.

Menghindari kejadian tersebut, ada baiknya setiap pengemudi atau pemilik kendaraan memastikan ban serep telah terkunci dengan baik. Pemeriksaan ini termasuk dengan sejumlah komponen atau kelengkapan lainnya, agar tidak menemui kendala ketika di perjalanan.

Pastikan baut, rantai baja atau tali pengikatnya masih dalam kondisi baik. Tidak getas, retak, bautnya tidak oblak. Periksa juga kondisi tekanan udaranya tidak kurang supaya tidak kerepotan saat ban serep akan dipakai tapi tekanan udaranya kurang.

Oleh sebab itu, kembali diingatkan kepada para pemilik kendaraan agar setiap kali akan menggunakan kendaraan roda empat untuk memastikan semua kelengkapannya komplit dan berfungsi dengan baik. Pun dengan komponen dan instrumen yang ada bekerja dengan normal, termasuk di dalamnya adalah ban serep.

Posting Komentar

0 Komentar