Ticker

6/recent/ticker-posts

Waspada Ban Selip Biker Wajib Perhatikan Ini

(Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Berkendara motor di jalan raya tidak hanya sekadar cukup bisa mengendarainya, tapi diperlukan pengetahuan berlalu lintas dan memahami karakter tunggangan termasuk kondisi jalanan.

Satu di antara yang harus diketahui biker adalah bahaya ban selip, karena ini kerap terjadi dan dialami oleh para pengendara motor akibat minimnya pengetahuan akan dasar-dasar berkendara yang aman.

Kejadian selip ban ini disebabkan banyak faktor. Tidak saja karena kondisi alur atau kembangan ban yang sudah tipis, tapi bisa juga diakibatkan kondisi jalanan yang licin karena hujan atau terpaksa harus rem mendadak karena ada hambatan di depan.

Maka sebelum berkendara ada baiknya untuk selalu memeriksa dan memastikan motor yang akan digunakan dalam kondisi siap jalan. Sehingga tidak akan menemui kendala di perjalanan atau mengalami insiden.

Pastikan ban dalam kondisi baik. Perhatikan apakah kembangannya masih tebal atau sudah tipis, bahkan meskipun jarang kasusnya tapi ada beberapa ditemui ban yang benjol di bagian dindingnya.

Jika ada kedua tanda seperti itu di ban motor jangan tunda lagi untuk segera menggantinya. Karena alur ban yang sudah tipis membuat daya cengkeramnnya berkurang dan membuat potensi risiko selip pada ban semakin besar, apalagi pada kondisi jalanan yang licin.

Untuk menghindari terjadinya selip ban juga bisa dilakukan dengan tidak memacu motor dalam kecepatan tinggi, karena dengan begitu akan memaksa pengendaranya melakukan pengereman dengan keras ketika terpaksa harus berhenti mendadak. Terlebih bila salah trik pengeremannya yang akan memperparah potensi kecelakaan, bahkan pengendara bisa terguling karena ban mengalami selip.

Begitu pun ketika harus berkendara di tengah guyuran hujan, dengan kondisi alur ban yang sudah tipis, sistem pengereman yang tidak baik dan pengetahuan akan teknik berkendara yang minim akan sangat berbahaya dan berpotensi mengalami selip.

Oleh sebab itu, demi terciptanya perjalanan yang aman dan nyaman ada baiknya untuk memperhatikan kondisi motor dan menambah pengetahuan berlalu lintas serta etika berkendara.

Posting Komentar

0 Komentar