Ticker

6/recent/ticker-posts

Telan Anggaran Rp 45,3 Miliar, Pembangunan Masjid Agung Dilanjutkan

(Foto: Humas Kota Bogor)



Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR TENGAH, Bogor24.id -- Sempat terbengkalai selama beberapa waktu, akhirnya lanjutan pembangunan Masjid Agung dan Alun-alun Kota Bogor diteruskan. Ini ditandai dengan peletakan batu pertama (ground breaking), Rabu (23/6/2021).

Untuk menyelesaikan kedua proyek tersebut dikucurkan anggaran hingga mencapai Rp 45,3 miliar dengan rincian masing-masing Rp 31,1 miliar dari APBD Kota Bogor untuk lanjutan pembangunan Masjid Agung dan Rp 14,2 miliar dari Pemprov Jawa Barat untuk pembangunan alun-alun.

“Alhamdulillah proses pembangunan Masjid Agung kita lanjutkan kembali dengan konsep yang terintegrasi dengan alun-alun. Kita ingin dua ikon ini menjadi satu kawasan yang menyatu, yang tidak saja bermanfaat tetapi juga indah. Hari ini saya bersama Ketua DPRD Kota Bogor dan Ketua DKM Agung secara simbolis mengawali kelanjutan pembangunan Masjid Agung dan pembangunan alun-alun Kota Bogor," ujar Bima Arya.

Untuk Alun-alun Kota Bogor akan tuntas akhir tahun 2021, sementara untuk proses pembangunan Masjid Agung direncanakan tahun 2021 ini selesai hingga bagian atapnya. Namun untuk proses penyempurnaannya akan dilanjutkan pada 2022.

Konsep terintegrasinya alun-alun dan tempat ibadah, ucap Bima, banyak ditemukan di kota-kota besar lain. Baik di dalam maupun luar negeri.

“Insya Allah akan kita kawal sama-sama sampai tuntas," imbuhnya.

Melalui desain yang terintegrasi, lanjutnya, sebagai upaya menyelaraskan dua bangunan ikonik.

“Di titik saya berdiri ini Insya Allah akan dibangun Taman Asmaul Husna. Jadi, ini titik simbolik yang akan menyatukan antara masjid di belakang saya dengan alun-alun sehingga terintegrasi. Alun-alun sebagai tempat warga berekreasi dan berinteraksi sesama warga, dan masjid sebagai tempat warga berinteraksi dengan Allah SWT,” jelas Bima.

Selain Bima Arya, peletakan batu pertama itu turut disaksikan Ketua DPRD Atang Trisnanto dan Ketua DKM Masjid Agung KH Ahmad Boedhowi.

Posting Komentar

0 Komentar