Ticker

6/recent/ticker-posts

Sungai Ciliwung Punya Pesona

(Foto-foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.

SEMPUR, Bogor24.id - Warga Kota Bogor sudah tidak asing dengan Sungai Ciliwung yang membentang panjang dari bagian selatan (hulu) hingga ke bagian utara (hilir).

Sungai sepanjang 120 kilometer yang masuk ke dalam empat wilayah yaitu Kabupaten Bogor dan Kota Bogor, Kota Depok sampai Jakarta ini, sebenarnya memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata lantaran mempunyai pesonanya tersendiri.

Namun sayangnya sungai yang kerap dituding sebagai penyebab banjir di ibu kota itu belum sepenuhnya dilirik oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sebagai sebuah destinasi wisata baru yang patut dipertimbangkan dengan segala keunikan dan pesonanya.

Sebelum masa pandemi terjadi, kala itu Pemkot Bogor pernah gencar merevitalisasi Sungai Ciliwung. Di antaranya dengan giat melakukan pembersihan dan menyampaikan sosialisasi secara masif kepada masyarakat khususnya yang tinggal di bantaran sungai, dengan tujuan tak lain supaya warga untuk lebih memperhatikan dan menyayangi lagi sungai ini yang salah satunya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Kembali soal pesona Sungai Ciliwung, ini berdasarkan pengamatan Bogor24.id yang berkesempatan menjelajahnya, Selasa (1/6/2021). Penjelajahan ini dimulai di kawasan Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Dengan kondisi arus sungai saat ini yang tidak deras dengan debit air yang kecil, membuat bebatuan berbagai ukuran menghiasi permukaannya. Meski sangat disayangkan masih banyak ditemuinya sampah-sampah plastik yang berserakan di antara bebatuan yang mengurangi keelokan Sungai Ciliwung.



Tapi sejatinya dengan untaian dahan-dahan pohon besar yang beberapa di antaranya menjuntai nyaris ke bagian bawah sungai cukup menarik dan memiliki nilai estetika ketika diabadikan ke dalam sebuah foto. Belum lagi deretan rumah-rumah penduduk yang berdiri di sepanjang aliran sungai tak kalah kerennya sebagai objek pemotretan.

Rasanya piknik di bawah sungai beralaskan bebatuan akan menciptakan sensasi berbeda sambil menikmati makanan ringan atau sekadar menikmati suasana sejuk dari hempasan semilir angin dari pohon-pohon di sekitarnya.

Seperti yang dilakukan pelancong asal Jakarta, ditemui Bogor24.id tengah duduk bersila sambil sibuk mengambil foto dari kamera ponselnya. Ia terus mengambil beragam sudut pengambilan gambar sebagai dokumentasi perjalanannya ke Kota Bogor di hari libur peringatan Hari Lahir Pancasila.

"Terus terang sebenarnya saya nggak sengaja ke sini, niatnya cuma gowes sampai Tugu Kujang, istirahat sebentar terus pulang lagi ke Jakarta. Tapi begitu iseng-iseng ke arah Sempur ini ternyata enak juga buat dipakai nongkrong. Nggak nyangka aja ternyata Sungai Ciliwung yang ada di kawasan Sempur ini punya pesona," ungkap Wibowo.

Dengan pengalamannya tersebut, ia berjanji akan kembali lagi bersama rekan-rekan komunitas sepedanya sembari berpesan supaya Pemkot Bogor memberikan perhatian terhadap potensi Sungai Ciliwung supaya ke depannya bisa dan layak menjadi destinasi wisata air yang menarik kunjungan wisatawan.

Posting Komentar

0 Komentar