Ticker

6/recent/ticker-posts

Sehari Jelajah 3 Destinasi Keren Sumedang

(Foto-foto: Donni/Bogor24.id)



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.

SUMEDANG, Bogor24.id -- Perjalanan panjang yang harus ditempuh dari Kota Bogor hingga tiba di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat terasa cukup melelahkan. Bukan sebuah perjalanan biasa dan bukan hanya untuk berwisata semata, tapi untuk secara lebih jauh mengeksplor keindahan destinasi alam di daerah yang terkenal akan produk tahunya.

Berangkat dari Kota Bogor, Sabtu (5/6/2021) pukul 06.30 WIB, road trip ini berakhir pukul 15.00 WIB di Kabupaten Sumedang. Selain tingginya volume kendaraan yang berbarengan dengan libur akhir pekan, perjalanan pun memang sengaja dibuat santai dan senyaman mungkin sambil menikmati setiap momen dan pemandangan yang dilalui.

Meskipun Bogor24.id memilih menggunakan jalan bebas hambatan mulai dari Tol Jagorawi, Tol Lingkar Luar Jakarta-Cikampek (Japek), Tol Cipularang hingga berakhir di Tol Purbaleunyi perbatasan Bandung dan Sumedang, namun tetap memacu kendaraan sesuai batas kecepatan yang dianjurkan maksimal 100 km/jam.

Selain memang road trip ini sebagai kegiatan berwisata, juga sebagai bentuk kesadaran dan kepatuhan pengendara terhadap aturan lalu lintas demi terciptanya kondisi jalanan yang aman dan nyaman untuk bersama.

Kembali ke jadwal road trip, meskipun sejak awal telah membuat daftar kunjungan destinasi, tapi di tengah perjalanan Bogor24.id mengubahnya. Dari yang awalnya akan menyambangi Waduk Jatigede, Kampung Ciherang dan Forest Walk, diganti dengan destinasi wisata yang tak kalah serunya untuk dijelajahi. Yaitu Batu Dua, Kampung Buricak Burinong dan Tanjung Duriat.

Perubahan destinasi ini setelah berbincang dengan sejumlah warga setempat yang menyarankan untuk mencoba mengunjungi ketiga tempat tersebut lantaran pesona alamnya tak kalah dengan skenario awal yang direncanakan. Dan ternyata, memang tidak salah akhirnya Bogor24.id memutuskan memilih Batu Dua, Kampung Buricak Burinong dan Tanjung Duriat untuk dieksplor pada road trip kali ini.


Dipilihnya ketiga destinasi yang ternyata sudah cukup populer di kalangan wisatawan lokal, jarak yang harus ditempuh antarlokasi yang tidak banyak menyita waktu, akhirnya ketiga tempat itulah diputuskan untuk dikunjungi di waktu yang dimiliki hanya sehari.

Setelah beristirahat semalaman untuk mengumpulkan energi keesokan harinya, Minggu (6/6/2021), Bogor24.id memulai road trip yang sesungguhnya. Mulai sekitar pukul 09.00 WIB, destinasi pertama yang dituju adalah lokasi take off paragliding di Batu Dua.

Lokasi ini merupakan tempat berlatihnya para atlet profesional, juga pernah menjadi tuan rumah kejuaraan dunia paragliding pada 2019 silam yang diikuti puluhan atlet mancanegara dari berbagai negara.

Karena berada di ketinggian, lokasi ini menawarkan panorama cantik lansekap Kabupaten dan Kota Sumedang yang terlihat jelas di bawahnya.Meski saat berkunjung tiupan angin tidak terlalu kencang, namun udara sejuk khas pegunungan lumayan terasa segar.

Beranjak kemudian ke destinasi kedua, yaitu Kampung Buricak Burinong yang ditempuh hanya sekitar 30 menit saja dari titik pertama. Tapi sama seperti ke lokasi Batu Dua, keahlian mengemudi dan kondisi kendaraan yang prima menjadi paket wajib di sini.

Kontur jalanan tak kalah ekstrem dan menantangnya dengan lebar jalan yang cukup terbatas. Namun akan terbayarkan setelah kita tiba di destinasi tujuan dengan suguhan panorama apik Waduk Jatigede sebagai nilai jual utamanya.


Meski perjalanan ke destinasi terakhir dihantui kekhawatiran setelah menyaksikan kecelakaan maut di jalur menuju Kampung Buricak Burinong, namun dengan penuh keyakinan dan rasa penasaran akan keindahannya membuat hati ini bulat untuk mengunjunginya.

Ya, Tanjung Duriat nama destinasi wisata terakhir yang dikunjungi pada kesempatan road trip kali ini. Di sini, sama seperti lokasi wisata yang kedua sama-sama menyuguhkan pemandangan elok Waduk Jatigede dengan bangunan megah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang tampak dari kejauhan di atas bukitnya.

Menurut penilaian Bogor24.id, rasanya Tanjung Duriat menjadi destinasi yang paling mengesankan. Ini karena dengan keberadaan bukit atau pulau-pulau kecil yang menghiasi Waduk Jatigede layaknya Raja Ampat di Papua.

Setelah puas berfoto dan mengambil gambar di Tanjung Duriat, akhirnya jelang petang diputuskan untuk menyelesaikan petualangan ini. Mengingat hari yang sudah beranjak petang dan kondisi lalu lintas yang dipastikan akan padat.

Akhirnya terbukti, meninggalkan Kota Sumedang selepas maghrib atau sekitar pukul 18.00 WIB harus ditempuh selama 7 tujuh jam perjalanan dengan satu kali istirahat di rest area KM 88 Tol Cipularang arah Cikampek. Bogor24.id tiba di Kota Bogor tepat pukul 01.00 WIB, Senin (7/6/2021) dini hari.

Ini karena dalam perjalanan pulang sempat mampir membeli oleh-oleh khasnya, yaitu buah sawo dan tentunya tahu yang sudah populer di kalangan wisatawan.

Posting Komentar

0 Komentar