Ticker

6/recent/ticker-posts

Santai di Lajur Kanan, Kebiasaan Buruk Pengemudi di Jalan Tol

Ilustrasi jalan tol. (Foto: Donni/Bogor24.id)


Penulis: M. Sopiyan
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Berbeda dengan di jalan arteri biasa atau perkotaan, jalan bebas hambatan (tol) memiliki sejumlah lajur sesuai dengan aturan dan kecepatannya. Umumnya terdiri dari tiga lajur yang tentunya mesti dipahami oleh setiap pengendara.

Namun sayangnya, masih sering ditemui pengendara yang salah kaprah dan tetap saja melaju di lajur paling kanan meskipun laju atau kecepatan kendaraannya pelan alias konstan.

Padahal, sebenarnya semua pengemudi sudah mengetahui aturan tersebut. Hanya saja masih banyak yang mengabaikannya dan tidak menyadari betapa bahayanya perilaku tersebut.

Karena, sesuai peruntukkannya bahwa lajur paling kanan hanya digunakan ketika ingin menyalip kendaraan di depannya. Itu pun dengan tetap memperhatikan aturan yang berlaku dan etika berkendara, yaitu batas maksimal kecepatan kendaraan 100 km/jam.

Ketika sudah berhasil melewati kendaraan yang disalip, hendaknya untuk langsung kembali ke lajur dua dengan kecepatan kendaraan maksimal 80 km/jam dan bukannya malah tetap berada di lajur kanan yang bahkan kerap ditemui melaju dengan lambat.

Perilaku tersebut tidak saja akan menghambat kendaraan yang berada di belakang untuk menyalip dan akhirnya memaksa mereka menyalip dari sisi kiri, juga berpotensi terhadap risiko selip dari kendaraan arah berlawanan yang mengalami insiden kecelakaan.

Oleh sebab itu, mulai saat ini hendaknya para pengendara untuk mulai mengubah kebiasaan buruk itu dengan lebih memperhatikan aturan, etika berkendara dan menumbuhkan rasa empati kepada sesama pengguna jalan.

Mengemudilah dengan lebih bijak demi terciptanya lalu lintas yang aman dan nyaman, yaitu dengan menggunakan lajur di jalan tol sesuai dengan kecepatan kendaraan yang dikemudikan.

Mengemudilah di lajur satu jika memang tidak menemui banyak kendaraan besar dengan kecepatan minimal 60 km/jam, atau memposisikan mobil di lajur dua dengan batas kecepatan maksimal 80 km/jam.

Harap diingat, aktivitas mengemudi penuh risiko. Sehingga harus ditanamkan rasa tanggung jawab dan disiplin akan semua aturan yang berlaku. Dengan begitu akan bisa terwujud berkendara yang aman dan nyaman.

Posting Komentar

0 Komentar