Ticker

6/recent/ticker-posts

Road Trip Sumedang Waspada Jebakan Jalan di Tol Japek

Jalan tol Japek. (Foto: Andri Budiman/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR KOTA, Bogor24.id - Penjelajahan akhir pekan dimulai kembali. Kali ini Bogor24.id melakukan perjalanan menuju Sumedang dengan menggunakan jalan bebas hambatan mulai dari masuk tol Jagorawi di Baranangsiang, Kota Bogor hingga keluar di pintu tol Purbaleunyi.

Di libur akhir pekan ini, kondisi arus lalu lintas terbilang ramai dengan volume kendaraan yang relatif padat. Kebanyakan kendaraan pribadi mengarah ke Bandung.

Mobil pribadi mendominasi sepanjang jalan tol yang dilalui dengan pelat nomor dari Jakarta dan sekitarnya. Tetapi begitu memasuki kawasan Cibubur di Tol Jagorawi, mulai ditemui kendaraan-kendaraan besar seperti truk dan bus. Pemandangan ini terus terlihat ketika masuk ke Jalan Tol Lingkar Jakarta-Cikampek (Japek) dan Jalan Tol Cipularang.

Hanya saja para pengendara terutama yang jarang menggunakan jalan lingkar luar Japek harap berhati-hati dan tidak memacu kendaraannnya. Sebab, kondisi permukaan jalan tidak mulus, bergelombang dan berlubang.

Mungkin akan lebih nyaman bila menggunakan Jalan Tol Layang Japek II atau Jalan Tol Layang Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ). Hanya bagi Anda yang memilih jalur ini untuk memastikan tangki BBM dalam keadaan cukup. Begitu juga dengan tekanan udara ban untuk dipastikan tidak kurang dan kondisi mobil dalam keadaan baik.

Pasalnya, akan sangat kerepotan bila mengalami kendala. Karena jarak tempuh sepanjang 36,4 kilometer itu hanya mempunyai dua akses darurat dan karena posisinya di atas maka tidak akan ditemui rest area.

Kembali soal kondisi Jalan Tol Japek, saat memasuki wilayah Bekasi mulai terjadi antrean kendaraan. Ini lantaran kendaraan besar tidak mengambil lajur satu yang diperuntukkan bagi truk dan bus. Oleh sebab itu, kembali diingatkan untuk selalu menjaga jarak aman kendaraan.

Pun ketika memasuki Jalan Tol Cipularang dengan kontur jalan dengan tanjakan dan turunan yang beberapa di antaranya cukup curam, menhambat laju kecepatan kendaraan. Ini karena banyaknya truk-truk bermuatan berat yang berjalan perlahan.

Tapi ketika sudah mulai memasuki Jalan Tol Purbaleunyi, perjalanan terbilang relatif lancar bahkan cenderung sepi. Kendaraan bisa dipacu dalam kecepatan tinggi. Hanya tetap perlu diingat untuk mematuhi peraturan dan rambu-rambu yang ada. Ikuti aturan batas maksimal kecepatan kendaraan, yaitu 100 km/jam.

Dengan dua kali istirahat untuk sarapan sekitar pukul 09.00 WIB di rest area kilometer 72 di ruas Tol Cipularang dan menunaikan ibadah salat dzuhur pukul 12.30 WIB di daerah Cikuda, Jatinangor, Sumedang, akhirnya Bogor24.id mencapai tujuan di kawasan Situraja, Wado, Sumedang tepat pukul 15.00 WIB.

Posting Komentar

0 Komentar