Ticker

6/recent/ticker-posts

Perhatikan Ini Supaya Rem Tidak Blong

Perbaikan sistem pengereman pada mobil. (Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: M. Sopiyan
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Sistem pengereman menjadi komponen vital dalam hal keselamatan saat berkendara. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui kondisi dan paham bagaimana memperlakukannya agar tidak terjadi rem blong.

Bisa dibayangkan bagaimana jadinya bila kendaraan yang dikemudikan tiba-tiba mengalami rem blong. Hal tersebut tentunya mengancam keselamatan jiwa pengemudi dan penumpang termasuk orang lain yang berada di sekitarnya.

Untuk itu penting dipahami oleh setiap pengemudi agar mengetahui karakter mobil dan kondisi jalanan yang akan dilaluinya. Terlebih bila akan menempuh perjalanan jauh.

Penyebab terjadinya rem blong sendiri bermacam-macam. Bisa dari faktor lingkungan, diri sendiri maupun dari tidak berfungsinya kinerja rem atau rem blong.

Untuk meminimalisir terjadinya rem blong, mekanik bengkel mobil umum di Kota Bogor Iman, menerangkan ada sejumlah cara yang bisa dilakukan pengemudi untuk mencegah hal tersebut.

"Jangan terlalu lama menginjak pedal rem, misal saat kondisi jalan menurun. Karena kalau itu dilakukan bisa mengakibatkan panas akibat gaya gesek pada piringan cakram ke kaliper rem yang akan membuat rem jadi blong," ungkap Iman, Jumat (4/6/2021).

Bila menemui jalanan menurun, ada baiknya untuk mengurangi laju kendaraan bisa dibantu dengan pengereman mesin (engine brake). Dengan begitu kinerja rem tidak terlalu berat (panas).

"Kalau menempuh perjalanan jauh, sebaiknya istirahat paling tidak setiap 2 jam sekali bila kondisi jalanan macet atau banyak melewati jalanan ekstrem. Waktu istirahat ini memberikan kesempatan buat sistem pengereman melepas panas, sekalian pengemudi juga beristirahat melepas lelah," papar Iman.

Ia juga mengingatkan untuk sebisa mungkin tidak melakukan pengereman secara mendadak. Pasalnya, kondisi tersebut akan membuat kerja rem lebih berat. Maka, katanya, penting untuk selalu menjaga jarak aman antar kendaraan.

Posting Komentar

0 Komentar