Ticker

6/recent/ticker-posts

Pentingnya Peran Navigator Buat Pengemudi

Ilustasi mengemudi di jalan sempit. (Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: M. Sopiyan
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Aktivitas mengemudi bukan saja sekadar memiliki kemampuan untuk mengendarai kendaraannya, tapi dibutuhkan keahlian dan pengetahuan yang baik soal berlalu lintas.

Selain kedua hal tersebut, kegiatan mengemudi juga memerlukan stamina yang baik lantaran energi dan pikiran akan terkuras. Sebab, aktivitas ini memerlukan konsentrasi karena mengandung risiko. Apalagi bila melakukan perjalanan jarak jauh.

Khusus untuk perjalanan jauh, bila memungkinkan untuk ada seseorang yang menemani duduk di bagian depan. Bisa mengemudikan mobil dan mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai aturan dan etika berlalu lintas akan lebih baik lagi.

Sebab, dengan menempuh perjalanan jauh akan sangat melelahkan yang dapat menurunkan konsentrasi dan energi pengemudi. Di sinilah peran penting seorang navigator untuk membantu memandu pengemudi selama perjalanan.

Dengan navigator yang memiliki kualifikasi di atas tentunya akan dapat meringankan tugas utama pengemudi, misalnya dalam hal mengontrol atau memantau situasi lalu lintas serta membaca peta dari aplikasi ponsel pintar.

Seperti di beberapa jalur luar kota yang kerap ditemui kendaraan-kendaraan besar yang melaju konstan di sebelah kanan (jalur cepat). Tentu dengan kondisi di Indonesia yang mengemudi di sebelah kanan dan posisi setir di kanan, bagi sebagian orang yang tidak terbiasa akan kesulitan saat hendak menyalip.

Dengan kondisi tersebut, peran navigator inilah yang akan memantau kondisi jalan di depannya. Apakah dalam kondisi aman untuk menyalip atau ada hambatan di permukaan jalan semisal jalan berlubang dan sebagainya.

Ketika pengemudi utama kelelahan pun, sang navigator akan bisa menggantikannya untuk melanjutkan perjalanan sementara sopir beristirahat.

Pun saat terpaksa harus melewati jalanan yang sempit, di mana bagi sebagian pengemudi kondisi tersebut akan sangat menyulitkan. Karena, khawatir ban sebelah kiri terperosok ke dalam parit atau membutuhkan pemandu untuk bisa lolos dari sempitnya lebar jalan apalagi ketika harus berpapasan dengan kendaraan dari arah berlawanan.

Tidak hanya berkaitan dengan teknis berkendara atau memandu pengemudi, keberadaan navigator juga bisa sebagai asisten atau orang yang membantu ketika mobil yang dikendarai mengalami kendala seperti ban bocor atau kendaraan mogok.

Posting Komentar

0 Komentar