Ticker

6/recent/ticker-posts

Menikmati Panorama Waduk Jatigede di Kampung Buricak Burinong

(Foto-foto: Donni/Bogor24.id)



Penulis: Aysha Salsabila
Editor: Donni Andriawan S.

SUMEDANG, Bogor24.id - Kabupaten Sumedang, Jawa Barat memiliki banyak potensi destinasi wisata alam yang sangat menarik dan layak untuk dikunjungi. Meski beberapa di antaranya masih mengandalkan Waduk Jatigede sebagai objek daya tariknya.

Seperti Kampung Buricak Burinong yang terletak di Dusun Cisema, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang yang dikunjungi Bogor24.id, Minggu (6/6/2021).

Destinasi wisata ini mengandalkan keelokan Waduk Jatigede sebagai selling point dengan segala spot menarik yang ada di dalam kawasan tersebut.

Masih di jalur yang sama dengan destinasi wisata Batu Dua, jalan yang menghubungkan Sumedang-Wado menjadi jalur utama untuk dapat dilalui sebelum nantinya berbelok ke kiri. Sehingga menjangkau lokasinya tidak terlalu sulit, hanya saja jalanan yang sempit dengan tanjakan dan turunan yang ekstrem masih menjadi ciri khas di kawasan ini.

Destinasi wisata Kampung Buricak Burinong ini sebenarnya sebagai akses menuju kawasan wisata Waduk Jatigede yang ada di bagian bawah Desa Pakualam. Tempat ini bisa dikatakan sebagai ujung dari Dusun Cisema dengan titik akhirnya berupa hamparan luas genangan air Waduk Jatigede yang telah diresmikan sejak 2015 silam.

Di sini, pihak pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas untuk menunjang sebuah destinasi wisata pada umumnya. Mulai dari area parkir, sejumlah bangunan yang digunakan untuk tempat berjualan warga setempat, mushola, toilet hingga spot-spot foto yang menjorok ke depan Waduk Jatigede.

Umumnya wisatawan yang datang kesini menikmati air yang menjadi bagian dari 610 hektar luas Waduk Jatigede. Entah itu hanya dengan duduk-duduk santai di pinggiran waduknya, berswafoto di spot yang ada atau naik perahu berkeliling kawasan waduk dengan durasi tertentu.


Lantaran kawasan ini berada di area terbuka yang minim pepohonan, Bogor24.id menyarankan agar datang ke Kampung Buricak Burinong di pagi hari saat matahari belum terlalu tinggi atau di sore hari. Dengan begitu panasnya sengatan matahari tidak begitu dirasakan.

Menikmati Waduk Jati Gede dengan pemandangan sejumlah pulau-pulau kecil yang terlihat dari tepian, kita bisa sambil menyantap makanan atau sekadar menyeruput minuman segar pelepas dahaga. Di sini banyak tempat makan dengan harga yang tentunya masih cukup masuk akal dengan pilihan menu yang kebanyakan menawarkan nasi liweut dan ikan bakar serta es kelapa muda.

Untuk bisa menikmati destinasi ini para pengunjung tidak dikenakan tiket masuk, pihak pengelola melalui warga setempat hanya memungut biaya parkir saja. Itu pun tidak dipatok nominalnya, sehingga rasanya Kampung Buricak Burinong ini bisa menjadi pilihan Anda untuk mengisi liburan.

Namun tidak bosan Bogor24.id selalu memgingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan melaksanakan 5M (Memakai Masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, Menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas).

Tak kalah pentingnya adalah untuk selalu menjaga kebersihan destinasi wisata yang dikunjungi dengan membuang sampah pada tempatnya serta tidak melakukan aksi vandalisme.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Luas Jatigede hanya 610 ha?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas koreksinya......yg betul adalah 4.980 hektar

      Hapus