Ticker

6/recent/ticker-posts

Mangkrak 11 Tahun, Bima Arya Minta Penyelesaian Jalan R3 Dipercepat

(Foto: Humas Kota Bogor)



Penulis: Aysha Salsabila
Editor: Donni Andriawan S.

KATULAMPA, Bogor24.id -- Kelanjutan proyek pembangunan Jalan Regional Ring Road (R3) yang direncanakan membentang sepanjang 10 kilometer mulai dari Warung Jambu di Bogor Utara hingga ke Wangun, Bogor Timur, menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Mangkraknya proyek besar tersebut lantaran terkendala sejumlah persoalan yang meliputi perencanaan, penganggaran dan pengawasan yang dinilai lemah. Oleh sebab itu, pentingnya sinkronisasi dan akselerasi atas ketiga hal tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya saat pelantikan 311 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Bogor digelar di Jalan R3, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Senin (28/6/2021).

“Saya memilih lokasi ini untuk mengingatkan dan menekankan pentingnya sinkronisasi dan akselerasi antara perencanaan, penganggaran dan pengawasan. Khusus di titik ini saya minta betul atensinya dan saya percaya Pak Wakil (Wali Kota) telah sangat maksimal untuk melakukan percepatan akselerasi konsep pembangunan di sini,” tegas Bima Arya.

Jalan R3 ini, kata dia, dipilih sebagai tempat pelantikan karena lokasi tersebut menjadi bagian ikhtiar besar Pemkot Bogor dalam menata kota dan membangun infrastruktur yang direncanakan menjadi jalur alternatif untuk mengurangi beban di pusat kota.

"Terbentang sepanjang 10 kilometer dari Jambu Dua sampai Wangun. Walaupun telah dimulai pembangunannya sejak tahun 2010, namun kondisi yang ada baru sepanjang 7 KM yang sudah bisa dimanfaatkan dan diakses oleh masyarakat," papar Bima Arya.

Menurutnya, tantangan utama dalam pelaksanaan pembangunan Jalan R3 adalah konsistensi pada perencanaan dan keberlanjutan untuk pelaksanaannya, termasuk aspek anggaran dan pembebasan tanah.

Ia juga menyebutkan hal tersebut sebagai satu contoh apabila perencanaan tidak dilakukan dengan baik dan pelaksanaan tidak maksimal, maka akan terbengkalai. 

Posting Komentar

0 Komentar