Ticker

6/recent/ticker-posts

Kaki Kiri Nempel Pedal Kopling, Kebiasaan Pengemudi Mobil Manual

(Foto: M. Sopiyan/Bogor24.id)



Penulis: M. Sopiyan
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Meskipun saat ini banyak pemilik kendaraan roda empat yang lebih memilih sistem transmisi otomatis (matik), namun tidak sedikit juga yang masih bertahan menggunakan sistem transmisi manual. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Khusus bagi pengendara mobil manual, masih kerap ditemui kebiasaan buruk dan salah kaprah yang dilakukan saat mengendarainya. Yaitu kaki kiri yang menempel di pedal kopling atau menggantung kopling saat kondisi jalanan macet.

Menurut mekanik di salah satu bengkel umum di Kota Bogor, Iman menerangkan, kebiasaan buruk itu sangat tidak dianjurkan. Sebab, akan mempercepat usia pakai dari kopling.

"Karena, dengan posisi kaki kiri yang terus menempel di pedal kopling akan menekannya pada sistem transmisi yang ada di bagian mesin. Biasanya bahkan tidak terasa hingga menginjaknya meski mobil dalam keadaan berjalan," jelas Iman.

Walaupun tidak akan secara langsung terasa, namun lama kelamaan kebiasaan itu akan membuat kampas kopling cepat aus. Malah di beberapa kasus akan menimbulkan bau menyengat seperti terbakar. Ini karena sistem transmisi terus bergesekan dan mendapatkan tekanan ketika berjalan.

"Hal-hal semacam inilah yang perlu diketahui dan dipahami para pengemudi mobil manual, khususnya yang baru lancar mengendarainya. Jika sudah melakukan perpindahan gigi baiknya kaki kiri langsung lepas," terang Iman.

Oleh sebab itu, dirinya menyarankan kepada para pengemudi khususnya yang mengendarai sistem transmisi manual untuk benar-benar dapat mengetahui karakter kendaraan yang dibawanya dan mengerti teknik-teknik dasar mengemudi yang baik dan benar.

"Sebab, mengemudikan mobil itu bukan cuma injak gas dan rem saja. Tapi, harus tahu dan paham juga soal teknik memindahkan gigi pada mobil manual. Ini supaya komponen yang ada awet dan perjalanan nyaman serta aman," tuturnya.

Posting Komentar

0 Komentar