Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Pentingnya Gunakan Gardu Tol Sesuai Golongan Kendaraan

Gardu tol Kalihurip Utama I. (Foto: Donni/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Berkendara merupakan kegiatan yang memerlukan konsentrasi tinggi dan pengetahuan yang cukup dalam berlalu lintas, karena aktivitas ini penuh risiko. Sebab, banyaknya pengendara dan kendaraan lain yang juga menggunakan fasilitas jalan raya termasuk jalan bebas hambatan.

Apalagi masih sering ditemui kasus tabrak belakang oleh kendaraan besar seperti bus dan truk terhadap kendaraan lain akibat mengalami rem blong, tak terkecuali di gardu tol.

Oleh sebab itu, pentingnya kemampuan dalam berkendara dan pengetahuan soal aturan berlalu lintas yang wajib dimiliki setiap pengemudi agar terhindar dari insiden tersebut atau menjadi korban.

Mungkin bagi sebagian pengemudi jika pemilihan gardu tol saat akan melakukan transaksi bukan sesuatu yang harus dipertimbangkan, yang terpenting adalah membayar tarif tol dan selesai untuk kemudian melanjutkan perjalanan.

Padahal pengelola jalan tol membuat klasifikasi gardu itu bukan tanpa alasan, karena di antaranya adalah sudah mempertimbangkan aspek keselamatan. Yaitu dengan memisahkan antara gardu tol khusus kendaraan kecil mulai dari jenis sedan, jip sampai minibus dengan gardu yang khusus untuk kendaraan besar.

Pemisahan gardu itu tidak lain di antaranya adalah untuk meminimalisir terjadinya fatalitas kecelakaan yang bahkan tak jarang hingga merenggut korban jiwa.

Oleh sebab itu, mulai saat ini agar dipahami betul oleh setiap pengendara mengenai pentingnya menggunakan gardu tol sesuai jenis kendaraannya. Paling tidak kalau pun terjadi rem blong dengan spesifikasi kendaraan di luar bus dan truk bahwa risiko kerusakan kendaraan dan fatalitas dampaknya bisa ditekan seminimal mungkin.

Karena, dimensi kendaraan yang besar dan bobot kendaraan yang berat membuat kinerja pengereman pada bus dan truk harus bekerja ekstra. Belum lagi masih sering ditemuinya truk yang Over Dimension Over Load (ODOL) yang semakin membuka lebar peluang terjadinya rem blong.

Posting Komentar

0 Komentar