Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Merawat Ban Mobil Supaya Awet

(Foto: Andri Budiman/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Setiap komponen yang ada di kendaraan memiliki batas usia pemakaian dan tentunya harus dilakukan perawatan secara berkala. Salah satunya adalah ban.

Sebagai satu-satunya komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, baik itu aspal maupun beton, maka alas roda berbahan karet ini mempunyai tugas dan kerja yang berat.

Maka diperlukan perawatan rutin agar komponen ini bisa awet, minimal sesuai dengan batas usia pemakaiannya. Meskipun umumnya ban memiliki masa pakai yang relatif lama hingga bertahun-tahun. Tapi tentu ini sangat tergantung pada frekuensi pemakaian, medan jalan yang dilalui dan gaya mengemudi.

Hal pertama yang harus rajin diperhatikan adalah tekanan udaranya. Periksa tekanan udara pada ban minimal semingu sekali. Pemeriksaan ini termasuk dengan ban cadangan.

Pastikan semua tekanan udara ban sesuai rekomendasi pabrikan. Jangan sampai ban kekurangan tekanan udara yang tidak saja akan cepat merusaknya, namun juga berisiko terjadinya kecelakaan bilamana kekurangan tekanan udara.

Selanjutnya adalah rajin pula memeriksa alur atau kembangan pada ban, yaitu dengan membersihkannya dari batu atau kerikil yang kerap menyelip di antara kembangan ban.

Bila menemukannya, jangan menunda untuk segera menyingkirkannya. Karena, dengan membiarkan kerikil bersarang di antara alur ban akan sangat berbahaya dan berpotensi membuat ban robek lantaran terus dipakai. Apalagi bila dipakai saat cuaca panas dan dipacu dalam kecepatan tinggi.

Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menyemir seluruh dinding ban. Tidak saja akan membuat tampilan lebih mengkilap dan terlihat lebih bersih, namun semir ban juga berguna untuk menjaga keawetan ban dan menghindarkannya dari guratan-guratan halus pada dinding ban akibat ozon crack alias retakan akibat paparan sinar matahari.

Posting Komentar

0 Komentar