Ticker

6/recent/ticker-posts

Bukan Empty, Ini Arti Huruf "E" pada Indikator BBM

(Foto: Andri Budiman/Bogor24.id)


Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Setiap kendaraan bermotor memiliki banyak komponen dan instrumen yang masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan berbeda. Namun sayangnya, tidak sedikit pemilik justru tidak mengetahuinya.

Seperti arti huruf "E" pada instrumen yang ada pada indikator BBM di setiap kendaraan bermotor. Selama ini banyak yang menganggap jika inisial "E" mengandung makna sebagai Empty alias kosong dalam bahasa Inggris.

Padahal, arti huruf "E" yang benar adalah mengandung definisi sebagai Emergency. Di mana kata Emergency ini bukan tanpa alasan disematkan pada instrumen tersebut.

Sebab, dipilihnya kata Emergency ini dengan mengacu pada kondisi tangki BBM yang hampir kosong dan secara tidak langsung berfungsi sebagai pengingat kepada setiap pemilik atau pengguna kendaraan bermotor bahwa harus segera diisi kembali.

Meskipun sebenarnya tangki BBM dengan posisi indikator (baik yang masih analog maupun digital) telah menunjukkan "E" itu masih dapat dikendarai lantaran masih menyisakan sekitar 10 persen kapasitas BBM, namun ada baiknya jangan pernah menunda untuk mengisi BBM saat posisi indikator sudah berada setengah tangki.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari kondensasi di dalam tangki BBM dan tidak merepotkan diri sendiri bilamana ternyata mendadak harus menggunakan kendaraan namun tangki BBM kosong.

Posting Komentar

0 Komentar