Ticker

6/recent/ticker-posts

Bukan Cuma Aksesoris, Ini Fungsi Talang Air di Pintu Mobil

(Foto: M. Sopiyan/Bogor24.id)



Penulis: M. Sopiyan
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Banyak komponen yang terpasang di mobil, semuanya memiliki fungsi masing-masing. Bahkan beberapa kerap tidak diketahui pengemudi atau pemilik mobil. Satu di antaranya adalah talang air yang terpasang di pintu mobil.

Masih ada saja pengemudi atau pemilik mobil yang beranggapan jika talang air hanya sebagai aksesoris sebagai pemanis tampilan kendaraan. Padahal, benda tersebut memiliki fungsi yang cukup membantu ketika di perjalanan dan bisa mengawetkan komponen yang ada di door trim.

Menurut mekanik di salah satu bengkel mobil umum di Bogor, Iman menyebutkan, talang air bahkan mempunyai fungsi yang sangat membantu para pengemudi. Terlebih dalam kondisi hujan.

"Talang air ini setidaknya bisa menghalau air hujan ketika pengemudi mengharuskan membuka kaca mobil, misal saat harus membayar parkir," kata Iman, Minggu (20/6/2021).

Dengan begitu, imbuhnya, air hujan tidak akan masuk ke dalam kabin mobil yang akan mengenai instrumen yang ada di pintu seperti tombol-tombol untuk membuka/menutup kaca, tombol pengunci pintu dan tombol pengunci kaca.

"Jadi tombol-tombol instrumen itu bisa aman dari air hujan, sehingga mengurangi potensi kerusakannya," jelas Iman.

Posting Komentar

0 Komentar