Ticker

6/recent/ticker-posts

Bukan Buat Pegangan Ketika Berkendara, Ini Fungsi Behel di Motor

(Foto: Andri Budiman/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Mungkin bagi sebagian orang yang sering dibonceng sepeda motor atau bahkan pemiliknya sendiri kerap masih salah kaprah atau tidak mengetahui jika komponen yang ada di kendaraannya memiliki fungsi sesuai dengan hasil riset dari pabrikan.

Sebab, pihak pabrikan sepeda motor tidak begitu saja memasang komponen pada unit yang diproduksi dan dijualnya. Semuanya memiliki fungsi dan pasti memberikan kemudahan untuk setiap pemiliknya. Di antaranya adalah behel yang terletak di bagian buritan sepeda motor.

Selama ini tidak sedikit orang yang dibonceng sepeda motor beranggapan bahwa komponen itu berfungsi sebagai pegangan selama di perjalanan. Padahal itu salah besar. Karena, kebiasaan atau perilaku itu tidak tepat dan malah akan mengganggu kestabilan pengendara.

Dengan posisi kedua tangan boncenger yang memegang behel akan berpengaruh terhadap manuver-manuver dan handling yang dilakukan biker.

Idealnya, ketika berboncengan dengan sepeda motor posisi penumpang berdekatan dengan pengendara. Di mana posisi kedua tangan memegang atau memeluk dengan kedua lutut sedikit mengepit paha pembonceng. Namun tentu hal itu tidak mungkin dilakukan bila berboncengan ketika menggunakan jasa ojek online (ojol) atau bukan dengan pasangan misalnya.

Namun yang jelas kegunaan behel di bagian belakang sepeda motor itu sejatinya dipasang pihak pabrikan sebagai pegangan. Misal ketika parkir, yaitu untuk tumpuan tangan ketika ingin memindahkan atau menggeser posisi sepeda motor.

Posting Komentar

0 Komentar