Ticker

6/recent/ticker-posts

Berwisata ke Tanjung Duriat, Raja Ampatnya Sumedang

Panorama yang disuguhkan di destinasi wisata Tanjung Duriat, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (Foto-foto: Donni/Bogor24.id)



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.

SUMEDANG, Bogor24.id - Kondisi jalanan yang sempit dan berkelok harus ditempuh untuk mencapai destinasi wisata Tanjung Duriat di Pajagan, Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Perjuangan itu dengan antusias dilakoni demi membuktikan cerita orang-orang yang menyebutkan jika destinasi wisata alam air ini mengapa disebut sebagai Raja Ampatnya Sumedang.

Pasalnya, ditengah hamparan Waduk Jatigede itu terdapat sejumlah pulau-pulau kecil yang tidak tenggelam oleh genangan air dengan suguhan panorama yang sangat cantik layaknya destinasi wisata Raja Ampat yang ada di Papua.

Hal tersebut terbukti ketika Bogor24.id mengunjunginya, Minggu (6/6/2021). Di mana sejumlah pulau-pulau kecil dengan ujungnya yang seolah menyembul ke permukaan air dengan pepohonan yang banyak tumbuh di atasnya menjadi suguhan epik di Tanjung Duriat.

Meski kondisi cuaca saat itu sangat terik, namun tidak menyurutkan antusiasme para wisatawan yang didominasi pelancong lokal untuk menikmatinya. Mereka terlihat sibuk dengan gawainya masing-masing untuk mengabadikan momen di setiap sudut dengan latar belakang Waduk Jatigede maupun dari sejumlah spot foto yang disediakan pihak pengelola.

Namun karena kondisi cuaca yang panas, ada baiknya disarankan ketika berkunjung kesini untuk menggunakan topi, kacamata hitam atau pakaian lengan panjang yang menyerap keringat. Sebab, sedikitnya tempat untuk beristirahat atau berteduh yang disediakan pengelola. Popohonan yang ditanam pun jumlahnya belum seberapa untuk sekadar dijadikan tempat untuk berlindung dari paparan sinar matahari.



Sebelum berkeliling di sini, usahakan untuk membawa air mineral. Karena teriknya matahari dan mengharuskan wisatawan untuk berjalan kaki dari area parkir yang lumayan jauh, akan menguras energi dan membuat Anda dahaga. Jika tidak membawa bekal tak usah khawatir, karena di area parkir banyak berdiri warung yang menjual aneka minuman botol dalam kemasan.

Selain menikmati pemandangan Waduk Jatigede dari ketinggian di Tanjung Duriat, para pengunjung bisa menikmatinya dengan cara lain. Yaitu dengan menaiki perahu untuk mencoba merasakan sensasi lain dan pengalaman seru di sini.

Untuk bisa masuk ke destinasi ini, pihak pengelola hanya mengutip tarif sebesar Rp 10.000 per orang dan untuk kendaraan dikenakan biaya parkir Rp 5.000. Jadi bisa dibilang Tanjung Duriat sangat ramah di kantong dan cocok untuk dijadikan pilihan liburan Anda.

Posting Komentar

0 Komentar