Ticker

6/recent/ticker-posts

Batu Dua, Destinasi Sport Tourism Paragliding Kelas Dunia

Lokasi take off olahraga paralayang di Batu Dua Sumedang, Jawa Barat. (Foto: Donni/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

SUMEDANG, Bogor24.id - Tak salah rasanya bila destinasi Batu Dua yang terletak di Cimarga, Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat terpilih menjadi tuan rumah kejuaraan dunia paragliding pada 2019 silam.

Pasalnya, lokasi take off kegiatan olahraga ekstrem ini berada di dataran tinggi yang menyuguhkan panorama alam luar biasa dengan latar depan utama Waduk Jatigede nan luas sejauh mata memandang.

Menurut penuturan penjaga yang juga pedagang di lokasi, Sutinah bahwa Batu Dua kerap menjadi tujuan para atlet untuk mengasah kemampuannya. Tidak saja atlet lokal Sumedang, namun atlet-atlet dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kalau di sini memang khusus untuk atlet-atlet profesional latihan, tidak seperti di Puncak (Cisarua, Bogor) yang bisa untuk fun play. Selain jauh lebih tinggi, karena di sini juga terbilang cukup ekstrem," katanya.



Kepada Bogor24.id yang berkesempatan mengunjungi destinasi wisata ini, Minggu (6/6/2021) pagi, ia menceritakan pengalamannya saat world cup paragliding di Batu Dua dengan puluhan peserta yang datang dari berbagai negara.

Dikatakan wanita yang merupakan warga setempat itu, para peserta kompetisi kelas dunia yang notabene atlet profesional dan sudah berlisensi itu sangat mengagumi Batu Dua. Sebab, menurut penuturan mereka jika Batu Dua sebagai spot kedua terbaik di dunia setelah Brazil.

"Rata-rata dari mereka sangat kagum dengan pemandangan dan tingkat kesulitan di Batu Dua ini. Mereka bilang di sini kedua yang terbaik setelah Brazil. Jelas potensi ini sangat bagus dan menjadi aset penting buat Sumedang," tuturnya.

Posting Komentar

0 Komentar