Ticker

6/recent/ticker-posts

Usai Mobil Dipakai Mudik Cek Bagian Ini

Servis mobil di bengkel usai melakukan perjalanan mudik. (Foto: Yudi Effriadi/Bogor24.id)



Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Kegiatan mudik yang identik dengan perjalanan jauh dengan beragam medan jalan membuat mobil kesayangan harus bekerja ekstra. Tugas berat khususnya harus diterima sektor mesin hingga kaki-kaki.

Untuk menjaga performa kendaraan, maka komponen-komponen di mobil harus dilakukan pemeriksaan usai dipakai mudik Lebaran. Ini agar mobil siap dipakai kembali untuk menunjang rutinitas.

Mekanik bengkel mobil umum di Kota Bogor, Iman menyebutkan, pemeriksaan kendaraan ini mudah dilakukan pemilik bahkan cukup dilakukan di rumah. Tapi, dengan catatan tidak ada indikasi kerusakan pada komponen.

Periksa cairan yang ada di mobil

Dia mengatakan, pemeriksaan ini bisa dimulai dari sejumlah cairan yang ada di mobil. Mulai dari cairan radiator, air wiper, minyak rem dan power steering sampai pelumas (oli) mesin.

"Pastikan semuanya dalam kondisi terisi sesuai rekomendasi pabrikan atau alat ukur yang terdapat di masing-masing komponennya. Jika diketahui berkurang seperti halnya cairan radiator dan air wiper, maka harus ditambahkan," kata Iman, Selasa (18/5/2021).

Begitu pun dengan pelumas mesin, cek apakah takarannya berkurang atau tidak. Periksa juga tingkat kekentalan dan kondisinya. Jika memang terlihat sudah kotor (menghitam), baiknya diganti.

Cek kondisi kaki-kaki

Lantaran kegiatan mudik yang identik dengan muatan yang melebihi kapasitas biasanya, Iman melanjutkan, maka dipastikan beban mobil bertambah berat. Ini karena harus menopang beban berlebih yang mengakibatkan mesin dan bagian kaki-kaki harus bekerja ekstra.

"Pemilik kendaraan harus juga memeriksa bagian kaki-kaki ini, dan bisa dimulai dari suspensi. Perhatikan dengan baik apakah terdapat kebocoran pelumas. Goyangkan mobil juga bisa jadi salah satu cara untuk mengetahui apakah suspensi masih bekerja dengan baik atau tidak," jelas Iman.

Kemudian berlanjut ke ban. Cek satu per satu apakah tersapat kerikil yang menempel di antara sela telapak ban atau apakah ada goresan-goresan pada telapak dan dinding ban.

"Ini termasuk ban cadangan. Periksa kembali semua tekanan udaranya. Pastikan semua ban terisi sesuai rekomendasi pabrikan," papar Iman.

Posting Komentar

0 Komentar