Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Mengemudi Aman di Jalur Ekstrem

(Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Berkendara mobil pribadi untuk perjalanan liburan atau road trip bersama keluarga merupakan kegiatan yang mengasyikan. Namun demikian, pengemudi agar memperhatikan sejumlah aspek agar selama di perjalanan tidak menemui kendala atau terhindar dari fatalitas kecelakaan.

Khusus bagi Anda yang akan melakukan road trip ke kawasan pegunungan atau pesisir semacam ke destinasi Pelabuhan Ratu dan Geopark Nasional Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, ada baiknya untuk lebih waspada. Apalagi yang belum pernah melintasinya sama sekali.

Selain kontur jalanan yang berkelok dengan banyak tikungan tajam, medan yang dilalui juga berupa tanjakan dan turunan yang bahkan di beberapa titiknya cukup ekstrem. Lebar jalan juga lumayan sempit, sehingga dibutuhkan kepiawaian dalam mengemudikan kendaraan.

Tidak cukup sampai di situ, mobil atau kendaraan juga harus dipastikan dalam kondisi prima. Pasalnya, akan dipaksa untuk bekerja ekstra berat. Ini terutama di bagian pengereman dan ban.

Seperti yang dirasakan Bogor24.id saat melakukan road trip akhir pekan kemarin ke kawasan pesisir selatan Kabupaten Sukabumi, terlebih berangkat di waktu dini hari. Lampu penerangan sangat minim di jalur tersebut, benar-benar hanya mengandalkan lampu kendaraan.

Oleh sebab itu, jika Anda akan melakukan hal yang sama untuk benar-benar memperhatikan beberapa aspek di atas. Jangan memacu kendaraan di jalur yang menghubungkan antara Cibadak dengan Pelabuhan Ratu, terlebih bila melawati jalur Cikidang dengan medan jalan yang lebih berat.

Berkendaralah dengan bijak, karena Anda akan pergi berlibur dan tidak sedang dikejar waktu. Paculah kendaraan dalam kecepatan normal. Bila memang tubuh sudah mulai kelelahan, jangan pernah memaksakan untuk melanjutkan perjalanan. Istirahatlah setiap minimal dua jam sekali bila Anda tidak memiliki pengemudi cadangan.

Selain tubuh yang perlu istirahat, kendaraan juga demikian. Paling tidak untuk mendinginkan radiator dan sistem pengereman. Karena, di jalur lintas Pelabuhan Ratu dan Geopark Ciletuh ini banyak sekali turunan ekstrem dengan kombinasi tikungan tajam yang akan sangat menyiksa kinerja rem yang berujung pada panasnya kanvas dan piringan.

Tidak ada salahnya ketika beristirahat untuk sekalian memeriksa cairan radiator, minyak rem dan minyak power steering. Hal ini untuk memastikan ketiganya masih cukup memiliki cairan di tabung atau bak penampungnya.

Lantaran kerap ditemui kendaraan besar seperti truk, ada baiknya untuk menjaga jarak aman kendaraan Anda. Apalagi dalam kondisi jalanan menanjak, berikan ruang yang cukup jauh jika belum memiliki kesempatan untuk menyalipnya.

Sementara kebalikannya, jika berbarengan dengan kendaraan besar di jalanan menurun ada baiknya mobil Anda berada di belakangnya. Ini untuk menghindari kendaraan tersebut mengalami rem blong. Jika dirasa kondisi di depan aman untuk menyalip, segera lakukan dan sebisa mungkin segera menjauh.

Posting Komentar

0 Komentar