Ticker

6/recent/ticker-posts

Teknik Ini Bikin Selamat Berkendara di Jalan Tol

Kondisi lalu lintas di jalan tol. (Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Jika pada tulisan sebelumnya diulas mengenai hal-hal secara umum yang patut diperhatikan ketika mengemudikan mobil di jalan tol, kali pembahasannya akan lebih spesifik. Yaitu soal cara berkendara atau mengemudi defensif (defensive driving) di jalan tol agar terhindar dari potensi fatalitas kecelakaan.

Karena seperti diketahui, bahwa jalanan sejatinya area berbahaya dengan beragam jenis kendaraan dan tipikal pengendaranya yang bermacam-macam. Terlebih di jalan tol meski dengan kondisinya yang relatif lebih teratur.

Meski begitu, justru kondisi jalan tol yang seperti itulah yang dapat membuai setiap pengemudi dan membuat mereka kerap abai akan mengemudi yang defensif dan aman. Hingga tak sedikit mendengar kabar adanya kecelakaan lalu lintas di jalan bebas hambatan itu, yang tak jarang bahkan sampai memakan korban jiwa.

Konsentrasi

Hal pertama yang perlu diingat ketika akan berkendara di jalan tol yaitu mesti konsentrasi. Elemen ini mutlak diperlukan ketika seseorang mengemudikan mobil di jalan tol. Jangan sampai konsentrasi berkendara terpecah yang akan mengakibatkan kecelakaan.

Jaga jarak aman

Hal ini juga penting untuk diketahui dan dipahami setiap pengemudi, karena sikap ini menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya kecelakaan di jalan tol. Wajib hukumnya untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan.

Untuk hal ini gunakan rumus tiga detik. Yaitu, menjaga jarak kendaraan kita dengan kendaraan yang berada di depan. Ini agar ketika terjadi sesuatu yang bersifat mendadak kita bisa berusaha mengantisipasi, menghindari dan lolos dari jebakan tersebut.

Jaga kecepatan

Pengemudi umumnya memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi. Padahal pengelola jalan tol sudah menginformasikan dan membatasi kecepatan kendaraan di jalan tol maksimal 100 km/jam. Namun tetao saja sering ditemui pengendara yang ugal-ugalan memacu kendaraannya dari batas yang telah ditentukan.

Padahal, adanya aturan soal batas kecepatan itu bermaksud untuk menciptakan keselamatan berkendara dan menghindari terjadinya kecelakaan. Namun sayangnya niat baik operator jalan tol dan pihak terkait itu masih sering diabaikan dan dilanggar.

Patuhi aturan

Masih berkorelasi dengan poin di atas, hal ini juga agar betul-betul dipahami dengan baik oleh setiap pengemudi. Pasalnya, banyak ditemui pelanggaran yang dilakukan para pengemudi saat di jalan tol.

Mulai dari pelanggaran melewati batas kecepatan, tidak menjaga jarak aman antarkendaraan, menyalip dari bahu jalan, berada di lajur cepat tapi kendaraan dipacu lambat atau sebaliknya dan menggunakan ponsel.

Posting Komentar

0 Komentar