Ticker

6/recent/ticker-posts

Penerapan Gage Kota Bogor Ribuan Kendaraan Diputar Balik

Pada penerapan kebijakan ganjil genap Kota Bogor akhir pekan kemarin, petugas berhasil memutar balikkan 2.361 kendaraan. (Foto: Humas Kota Bogor)


Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR KOTA, Bogor24.id - Hingga hari kedua pelaksanaan kebijakan ganjil genap (gage) di Kota Bogor, Minggu (2/5/2021), sudah ada ribuan kendaraan yang melanggar. Polisi yang dibantu TNI, Dishub dan Satpol PP terpaksa harus memutar balikkan kendaraan.

Berdasarkan data dari Polresta Bogor Kota, total ada 1.331 kendaraan roda dua yang melanggar gage pada hari pertama pelaksanaan. Sementara itu untuk kendaraan roda empat jumlahnya mencapai 1.030 kendaraan.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro pun menyayangkan masih banyaknya masyarakat yang melanggar aturan gage pada hari pertama.

"Masih banyak jalur, tidak harus melewati SSA. Saya tidak ingin ada ngabuburit, sengaja berputar di pusat kota. Tentunya ini menambah crowded," kata Susatyo, Minggu (2/5/2021).

Seperti diketahui, diterapkannya kembali kebijakan gage ini sebagai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk mengurangi mobilitas warga di masa pandemi saat ini terutama jelang Hari Raya Idul Fitri.

Diterapkannya kembali kebijakan ini lantaran Pemkot Bogor menilai adanya penurunan kedisplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Meski hanya diberlakukan selama dua jam mulai pukul 15.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB dan hanya di ruas jalan seputar Sistem Satu Arah (SSA), namun diharapkan upaya tersebut dapat mengurai kepadatan lalu lintas di pusat kota, mengurangi mobilitas warga dan memecah konsentrasi kerumunan di pusat-pusat keramaian Kota Bogor.

Langkah yang diambil Pemkot Bogor dengan memberlakukan kebijakan gage ini pun sebagai bentuk simulasi dalam menghadapi arus masuk pemudik ke Kota Bogor pada masa larangan mudik 6-17 mendatang.

Posting Komentar

0 Komentar