Ticker

6/recent/ticker-posts

Pandemi Tren Belanja Online Terus Meningkat

Ilustrasi berbelanja melalui e-commerce. (Foto:Devina Putri/Bogor24.id)


Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Pandemi virus Covid-19 yang telah berlangsung setahun lamanya membuat masyarakat kita mencoba beradaptasi dalam berbagai rutinitas kesehariannya. Tidak saja dalam hal menjaga kebersihan yang lebih diperhatikan, namun juga adanya tren pergeseran dalam memenuhi kebutuhannya alias berbelanja yang kini bergeser menggunakan e-commerce.

Dipilihnya platform digital itu tidak lain sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap bahaya paparan virus mematikan asal Cina ini, yaitu dengan sebisa mungkin mengurangi interaksi dengan orang lain bila kegiatan berbelanja dilakukan dengan cara konvensional alias bertatap muka.

Maka tidak mengherankan bila selama setahun terakhir ini tren berbelanja melalui online shop ini terus meningkat trennya. Sebab, beragam kemudahan ditawarkan masing-masing penyedia jasanya. Mulai dari katalog produk yang super lengkap, pilihan pembayaran yang fleksibel hingga ragan promo menarik seperti potongan harga dan bebas ongkos kirim.

Tentunya ini menjadi daya tarik bagi para konsumen yang notabene jarang mereka dapatkan ketika berbelanja dengan mengunjungi toko atau outletnya secara langsung, belum lagi dengan risiko terpapar Covid-19. Ini belum termasuk biaya untuk ongkos (bila menggunakan angkutan umum), bensin, parkir, waktu dan tenaga yang harus siap-siap dikeluarkan bila berbelanja dengan cara lama.

Oleh sebab itu, setidaknya tren ini masih akan terus bertahan dan bahkan terus berkembang paling tidak di masa pandemi yang sampai saat ini belum bisa diprediksi kapan berakhirnya. Apalagi kini maayarakat pun semakin cerdas dan sangat memperhatikan kesehatannya.

Hingga pada kesimpulannya bahwa kegiatan berbelanja contactless melalui e-commerce ini trennya masih akan terus meningkat dari waktu ke waktu seiring dengan terus bermunculannya aplikasi belanja online di dunia maya dengan beragam kemudahan dan keunggulannya yang tidak bisa didapatkan dari berbelanja secara offline.

Posting Komentar

0 Komentar