Ticker

6/recent/ticker-posts

Menikmati Sumber Mata Air Panas Geyser Cisolok

(Foto: Andri Budiman/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

CISOLOK, Bogor24.id - Berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Pelabuhan Ratu, ada satu destinasi wisata non-pantai yang bisa dikunjungi wisatawan saat berlibur ke pesisir selatan Kabupaten Sukabumi.

Ini sama sekali berbeda dengan destinasi kebanyakan di daerah ini. Selain lokasinya yang berada di dataran tinggi, juga karena spot yang satu ini memiliki keunikan berupa sumber mata air panas.

Destasi wisata ini adalah Geyser Cisolok yang masih termasuk ke dalam kawasan geopark nasional Ciletuh, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.

Daya tarik destinasi ini yaitu adanya dua sumber mata air panas yang menyembur secara alami dari dalam perut bumi. Di mana semburan geyser dari mata air panas ini seperti dikutip dari pusat informasi Geyser Cisolok, memiliki suhu yang bervariasi antara 40-98 derajat celcius dengan tingkat keasaman mendekati pH-7. Sehingga relatif aman untuk digunakan sebagai tempat pemandian.

Kedua lokasi sumber mata air inilah yang menjadi target dan buruan wisatawan berkunjung ke sini. Mereka betah berlama-lama berendam atau sekadar merasakan sensasi panas mata air dari percikannya saja, meskipun harus kuat menahan aroma belerang yang menyegat.

Di luar itu, aktivitas yang bisa dilakukan di Geyser Cisolok ini menikmati aneka jajanan atau makanan menggunakan tikar yang banyak disewakan para pedagangnya.



Sementara jika ingin membawa kenang-kenangan atau berbelanja souvenir, ada banyak kios yang menawarkan aneka kebutuhan tersebut. Mulai dari cairan belerang yang dikemas ke dalam botol-botol berukuran kecil dan sedang. Ada pula replika perahu nelayan berukuran mini sampai pakaian bertemakan Geyser Cisolok.

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke sini tidak perlu khawatir untuk tersesat. Cukup buka aplikasi peta digital melalui ponsel pintar, Anda sudah diarahkan dan akan tiba ke tempat tujuan.

Namun yang perlu diingat untuk selalu berhati-hati saat mengemudikan kendaraan. Sebab, jalan utama di kawasan pesisir selatan ini relatif sempit. Tapi, ketika menuju ke lokasi Geyser Cisolok jalannya lumayan lebar. Hanya saja banyak lubang dengan kontur yang berkelok dan turun-naik. Untuk itu pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima.

Posting Komentar

0 Komentar