Ticker

6/recent/ticker-posts

Lima Hal Ini yang Harus Diperhatikan Sebelum Road Trip

Ilustrasi kendaraan saat melintas di jalan bebas hambatan. (Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id - Berlibur ala road trip akan menjadi kegiatan yang menyenangkan bila segala sesuatunya telah disiapkan dengan baik. Dengan demikian akan meninggalkan kesan bagi setiap orang yang ikut di dalamnya.

Lantaran akan menempuh perjalanan jauh dengan seluruh amggota keluarga, maka persiapan secara menyeluruh menjadi wajib hukumnya supaya tidak ada kendala selama di perjalanan.

Untuk itu, sebelum memulai road trip ada baiknya memperhatikan dan menyiapkan hal-hal berikut.


Kondisi mobil prima

Karena akan menggunakan mobil pribadi, maka pastikan kondisinya dalam keadaan prima. Bila memang akan menempuh perjalanan cukup jauh dengan medan beragam, ada baiknya untuk membawa kendaraan ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan.

Pastikan semua komponen mobil berfungsi sebagaimana mestinya. Mulai dari sistem kelistrikan, lampu-lampu, semua cairan (air radiator, air wiper, minyak rem, minyak power steering dan pelumas mesin), sistem pengereman hingga bagian kaki-kaki.

Jika memang ada satu atau beberapa komponen dalam kondisi kurang baik, mesti diperbaiki atau bahkan harus diganti, jangan ditunda lagi. Ini untuk mengurangi risiko adanya kendala seperti halnya mogok di tengah perjalanan.


Jangan bawa beban berlebihan

Lantaran akan menempuh perjalanan jauh dengan kapasitas penumpang maksimal, maka disarankan untuk tidak membawa barang berlebihan yang akan membuat beban mobil bertambah berat.

Sesuaikan jumlah barang bawaan seminimal mungkin dengan jumlah penumpang. Jangan membawa benda yang yang tidak terlalu penting yang hanya akan merepotkan dan memenuhi tas dan kapasitas kabin kendaraan.

Meskipun bisa menyiasatinya dengan menggunakan bagasi tambahan (roof rack), namun agar diperhatikan kapasitasnya dengan dimensi mobil Anda. Pasanglah aksesoris ini dengan tepat dan sesuai, jangan sampai mengganggu aerodinamika ketika kendaraan melaju terutama di jalan bebas hambatan.

Hindari untuk menyimpan barang-barang di dasbor mobil. Sebab, bila terpaksa harus mengerem mendadak atau terjadi kecelakaan justru akan menciderai penumpang khususnya yang berada di depan. Sebab, benda-benda ini akan memantul dan terpental balik.


Bawa obat-obatan pribadi

Karena road trip sejatinya akan menempuh perjalanan jauh dengan destinasi berbasis alam, kemungkinan besar akan sulit menemui apotek. Maka, bila Anda mempunyai riwayat penyakit tertentu hendaknya membawa obat-obatan sendiri.

Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan standar seperti minyak angin atau obat pereda sakit kepala, sakit perut dan lainnya. Sehingga ketika dibutuhkan Anda tidak akan kerepotan membelinya.


Perbekalan cukup

Pastikan perbekalan cukup sesuai jumlah penumpang, dan bisa juga melebihkannya sekitar 10 persen sebagai cadangan. Tidak hanya makanan berat atau bahan makanan yang hendak disantap selama di tujuan, siapkan kuga camilan sebagai pengganjal lapar saat di perjalanan. Begitu pun dengan minuman.

Bila di lokasi tujuan akan memasak sendiri, jangan dilupakan membawa kompor portabel berikutnya gas kemasan kaleng yang praktis. Upayakan membawa model kompor yang bisa dilipat, sehingga tidak akan banyak memakan tempat. Klasifikasikan juga barang bawaan sesuai kebutuhannya.

Jangan mencampurnya antara menyimpan tas pakaian, makanan dan peralatan memasak. Untuk obat-obatan dan camilan, baiknya disimpan di tempat yang mudah dijangkau.


Perlengkapan dokumentasi


Berlibur sudah pasti akan menjadi momen yang spesial dan menyenangkan, maka membawa peralatan dokumentasi wajib hukumnya.

Kalaupun tidak memiliki kamera profesional, tak perlu berkecil hati. Gunakan ponsel pintar Anda untuk menangkap setiap momen istimewa, apalagi kini teknologi dan hasilnya tak kalah dengan kamera profesional macam SLR atau mirrorless.

Pentingnya peran peralatan dokumentasi ini, maka jangan sampai lupa membawa charger, bank daya (power bank) atau memory card.

Posting Komentar

0 Komentar