Ticker

6/recent/ticker-posts

Libur Lebaran, Pengunjung Luar Dilarang ke Tempat Wisata Kota Bogor

Destinasi wisata De' Voyage di Kawasan Bogor Nirwana Residence (BNR), Bogor Selatan, Kota Bogor. (Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR KOTA, Bogor24.id - Pada masa libur Lebaran 1442 H, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menegaskan bahwa seluruh destinasi wisata di Kota Bogor hanya boleh didatangi pengunjung dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) setempat (lokal) saja.

Itu artinya, seperti ditegaskan Wali Kota Bogor Bima Arya, seluruh tempat wisata Kota Bogor dilarang dikunjungi oleh wisatawan dari kawasan Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) termasuk daerah lainnya di luar wilayah aglomerasi.

"Tempat wisata hanya boleh dikunjungi oleh warga dengan KTP setempat (Kota Bogor). Jadi, orang Jakarta tidak boleh masuk ke tempat wisata di sini. Sekali lagi, (pengunjung dengan) KTP Jakarta tidak boleh. (Pengunjung dengan) KTP Kabupaten Bogor juga tidak boleh masuk tempat wisata di sini," ucap Bima Arya, Selasa (11/5/2021).

Ia menjelaskan, alasan keputusan itu dibuat untuk meminimalisir perjalanan atau mobilitas masyarakat antar wilayah. Selain itu, faktor relaksasi ekonomi juga menjadi pertimbangan lain.

Dirinya tidak ingin dibukanya objek wisata di Kota Bogor akan memicu lonjakan pengunjung di tempat-tempat itu. Bima khawatir jika tidak dilakukan pembatasan atau antisipasi akan terjadi gelombang kedua ledakan kasus Covid-19 paska libur Lebaran.

"Pertimbangannya kenapa tidak ditutup total, karena ini kan ada kaitannya dengan ekonomi. Jadi ada titik temu. Wisata boleh tapi hanya untuk masyarakat lokal sesuai KTP. Pemesanan tiket masuk tempat wisata juga dilakukan secara online. Nanti kita akan perketat lagi," paparnya.

Keputusan tetap membuka tempat wisata selama libur Lebaran 2021 dilakukan Pemkot Bogor berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta terkait pengawasan tempat-tempat objek wisata.

Posting Komentar

0 Komentar