Ticker

6/recent/ticker-posts

Libur Hari Lahir Pancasila, Yuk Gowes Sejarah di Bogor

Museum Peta. (Foto-foto: Donni/Bogor24.id)


Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR KOTA, Bogor24.id - Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni telah ditetapkan pemerintah sebagai hari libur nasional. Meski hanya satu hari dan di awal pekan, tapi momen ini bisa dimanfaatkan untuk bersepeda menikmati pagi hari di Kota Bogor.

Meskipun tidak secara spesifik berkorelasi dengan Hari Lahir Pancasila, namun setidaknya ada sejumlah destinasi di Kota Bogor yang sarat akan sejarah perjuangan masa lalu yang bisa disambangi sambil berolahraga sepeda. Apalagi jika dilakukan secara berkelompok pasti akan menyenangkan.

Destinasi yang menjadi rekomendasi pun letaknya ada di pusat kota, sehingga mudah dicapai oleh para pesepeda. Kondisi treknya pun relatif terbilang aman dan tidak terlalu berat. Dengan begitu, bisa dikunjungi dengan menggunakan beragam jenis sepeda.


Museum Peta

Di posisi pertama ada Museum Peta yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah. Posisinya cukup strategis karena berada di pusat kota dengab kontur jalan yang datar.

Bagi Anda yang berasal dari luar Kota Bogor tidak akan kesulitan untuk mencapainya. Selain adanya patung Jenderal Besar Soedirman di bagian halaman depannya, bisa juga menggunakan aplikasi peta digital dari ponsel untuk panduan arahnya.



Istana Kepresidenan Bogor

Destinasi kedua yang juga mempunyai nilai historis tinggi dan bahkan kini menjadi tempat tinggal resmi Presiden Joko Widodo, yaitu Istana Kepresidenan Bogor. Beralamat di Jalan Ir H Juanda, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, dengan kemegahan arsitekturnya dengan bentuk bangunan yang besar sangat mencolok di antara sekitarnya.

Meski tidak bisa masuk untuk melihat lebih dekat ke dalamnya, tapi masih diperbolehkan untuk sekadar berswafoto di bagian depan luar pagar yang setiap hari dijaga petugas bersenjata laras panjang. Tentu dengan latar belakang Istana Kepresidenan Bogor ini sangat menarik untuk diposting di sosial media Anda.



Museum Perjuangan

Masih berada di kawasan Bogor Tengah, Museum Perjuangan bisa menjadi opsi destinasi berikutnya untuk dikunjungi dengan bersepeda di Hari Lahirnya Pancasila ini.

Walaupun kondisi museum yang satu ini memprihatinkan dibanding dua destinasi sebelumnya, namun isi dari koleksi yang ada di dalamnya cukup lengkap menyimpan banyak benda bersejarah pada masa perjuangan kemerdekaan dahulu.

Posting Komentar

0 Komentar