Ticker

6/recent/ticker-posts

Jelang Lebaran Bengkel Mobil Kebanjiran Order

Suasana bengkel resmi mobil di Kota Bogor jelang Lebaran dipenuhi kendaraan yang akan melakukan servis. (Foto: Yudi Effriadi/Bogor24.id)



Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Jelang Lebaran 1442 H tidak hanya dimanfaatkan orang untuk berbelanja aneka kebutuhan pokok dan busana saja, tapi digunakan juga oleh para pemilik kendaraan pribadi untuk melakukan perbaikan atau sekadar mengeceknya.

Setidaknya seperti penulusuran Bogor24.id di sejumlah bengkel mobil di Kota Bogor, Senin (10/5/2021). Baik itu bengkel umum hingga bengkel resmi dipenuhi kendaraan.

Penuturan beberapa mekanik yang ditemui mengatakan, lonjakan semacam ini biasa terjadi jelang Lebaran. Umumnya para pemilik kendaraan akan mulai membawa kendaraannya ke bengkel sejak H-1 sampai H-2 Lebaran, ini karena mereka telah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR).

"Setiap tahun seperti ini, tidak mengherankan. Pelanggan harus siap antre, karena mobil yang datang lumayan banyak. Kenaikannya kalau dipersentasekan bisa sekitar 50 persen dibanding biasanya. Mungkin karena sudah dapat THR jadi baru ke bengkel beberapa hari sebelum Lebaran," kata Iman, mekanik di salah satu bengkel umum Kota Bogor.

Ia melanjutkan, umumnya pemilik kendaraan datang untuk melakukan perawatan rutin seperti penggantian pelumas (oli) mesin, memeriksa rem dan tune-up. Sedikit saja yang melakukan servis besar.

"Kalau yang biasa kita kerjakan dari permintaan pelanggan ini kebanyakan cuma pemeriksaan rutin saja, jarang yang servis besar. Tapi, karena membludak jadinya pelanggan harus sabar dan antre. Kalau sudah begitu kadang kita terpaksa lembur," tuturnya.

Oleh sebab itu, untuk menyiasati antrean, Iman menyarankan supaya para pelanggan melakukan booking terlebih dulu. Bisa juga memanfaatkan layanan sevis di rumah (home service).

"Ya, kalau tidak mau antre bisa booking dulu kalau mau servis. Kalau tidak mau repot atau tidak ada waktu bisa juga manfaatkan home service, lebih praktis," imbuhnya.

Posting Komentar

0 Komentar