Ticker

6/recent/ticker-posts

Jadi Pelopor Rumah Ibadah Terbaik, Masjid Baitur Ridwan Diganjar Penghargaan

(Foto: Istimewa/Dok. DKM Masjid Baitur Ridwan)



Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR BARAT, Bogor24.id - Pandemi Covid-19 sudah terjadi satu tahun lebih. Masjid menjadi salah satu rumah ibadah yang terdampak langsung, sehingga diharuskan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam aktivasi dan operasional kegiatannya.

Sejak pandemi, Masjid Baitur Ridwan yang berlokasi di Jalan KH Abdullah Bin Nuh, Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, konsisten dalam menerapkan Protkes. Sistem prokkes yang dilaksanakan oleh jajaran DKM Baitur Ridwan sangat ketat. Dari mulai jamaah, masyarakat memasuki area masjid hingga melaksanakan ibadah shalat, semuanya diwajibkan mengikuti aturan yang super ketat.

Selain itu, penerapan prokes di Masjid Baitur Ridwan dilakukan secara menyeluruh. Sehingga jamaah yang beribadah menjadi nyaman dan aman terhindar dari virus Covid-19 tersebut.

Karena konsisten dan konsekuen serta berkelanjutan menerapkan prokes secara ketat, akhirnya Masjid Baitur Ridwan diganjar penghargaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Masjid ini mendapat piagam penghargaan sebagai Masjid Pelopor Penerapan Prokes Rumah Ibadah Kota Bogor di Masa Pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perumkim Kota Bogor RR Juniarti Estiningsih mengatakan, piagam penghargaan yang diberikan lantaran pengurusnya menerapkan Prokes sejak pandemi Covid-19.

"Masjid Baitur Ridwan merupakan masjid terbaik di Kota Bogor sebagai masjid pelopor yang telah menerapkan prokes selama pandemi Covid-19," ucap Estiningsih kepada wartawan usai menyerahkan piagam penghargaan di Masjid Baitur Ridwan, Selasa (11/5/2021).



Ia menjelaskan, selama pandemi Covid-19 Masjid Baitur Ridwan telah menunjukan konsistensi dalam menerapkan prokes. Hal itu juga dibuktikan dengan sejumlah inovasi dari DKM Baitur Ridwan yang mengedepankan prokes dalam berbagai aktifitas kegiatannya.

Alat-alat prokes juga tersedia lengkap, bahkan menggunakan sistem digital. Termasuk dipasangnya kamera pengintai (CCTV) di setiap sudut masjid, sehingga semua jamaah dipastikan mengikuti prokes dengan ketat saat beribadah.

"Pemkot Bogor sangat mengapresiasi penerapan prokes yang sudah dilakukan Masjid Baitur Ridwan, sehingga sangat layak dan pantas menjadi masjid pelopor penerapan prokes di rumah ibadah di Kota Bogor. Semoga dengan adanya penghargaan ini akan memotivasi dan menjadi inspirasi bagi masjid-masjid lain atau rumah ibadah lainnya agar senantiasa menerapkan prokes dalam aktifitas kegiatannya," Estiningsih.

Sementara Ketua DKM Baitur Ridwan H. Firman Sidik Halim mengucapkan terima kasihnya kepada Pemkot Bogor dan Walikota Bogor serta para jamaah dan aparat wilayah atas dukungannya, sehingga mendapatkan kepercayaan dan menerima piagam penghargaan.

"Tentunya dengan penghargaan ini akan lebih menambah motivasi kepada kami sebagai pelayan jamaah masjid. Insya Allah kami akan tetap untuk menerapkan prokes di Masjid Baitur Ridwan," ucapnya.

Diakui Firman, sejak pandemi Covid-19 terjadi di Kota Bogor, DKM Baitur Ridwan langsung menerapkan prokes sesuai aturan pemerintah. Ketika masjid ditutup di masa PSBB, DKM Baitur Ridwan berinovasi menyiapkan bilik khusus disinfektan sebanyak 3 unit bagi jemaah yang akan masuk ke dalam masjid, wajib masuk ke dalam bilik desinfektan agar steril. Kegiatan rutin lainnya, lantai-lantai setiap masuk waktu salat dilakukan sterilisasi dengan desinfektan baik sebelum dan sesudah salat dilaksanakan.

"Kami mewajibkan seluruh jamaah yang memasuki masjid untuk menggunakan masker dan masker itu tidak boleh dilepaskan, kami juga menyiapkan masker untuk jamaah. Kami juga menyediakan hand sanitizer, semuanya alat-alat prokes yang digunakan sesuai dengan aturan protkes " jelasnya. (*)

Posting Komentar

0 Komentar