Ticker

6/recent/ticker-posts

Ingat Lagi Pentingnya Jaga Jarak Aman Kendaraan

Kondisi arus lalu lintas yang padat di salah satu ruas jalan Kota Bogor. (Foto: Dok. Bogor24.id)


Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Mengemudikan kendaraan roda empat bagi sebagian orang yang belum terlalu piawai tentu akan menyulitkan terutama ketika dihadapkan pada kondisi arus lalu lintas yang ramai. Baik itu di jalan bebas hambatan (tol) maupun di jalan arteri (dalam kota).

Berbagai risiko dan potensi terjadinya insiden di jalan akan selalu terbuka bila pengemudi abai akan kondisi sekelilingnya lantaran kurang waspada. Salah satunya adalah menjaga jarak aman kendaraan.

Hal ini, menurut instruktur mengemudi mobil di Kota Bogor Susmana, sangat penting agar kita bisa terhindar dari ancaman potensi tabrakan beruntun atau menabrak kendaraan yang ada di depan bila sewaktu-waktu rem mendadak. Oleh sebab itu, pentingnya menjaga jarak aman kendaraan yang ideal.

"Untuk mudahnya, posisikan kendaraan kita dengan memperkirakan kendaraan yang berada di depan minimal berjarak tiga meter. Bisa juga dengan menggunakan cara lain, yaitu dengan melihat bagian belakang buritan (bumper) mobil yang di depan," jelasnya, Selasa (4/5/2021).

Jika kita tidak bisa melihat bagian bumper belakang kendaraan di depan, imbuhnya, maka bisa dipastikan jaraknya terlalu dekat. Biarkan kendaraan di depan menjauh dan berjarak minimal tiga meter dari kendaraan kita.

"Dengan melakukan trik semacam itu paling tidak akan mengurangi risiko bila terjadi rem mendadak dari mobil di depan, dan kita aman bisa lolos dari insiden karena jaraknya masih aman atau bisa menghindar," papar Susmana.

Dia juga menyarankan, agar setiap pengemudi untuk selalu rajin memantau kondisi sekeliling mobil dengan sering menengoknya melalui kaca spion samping maupun yang ada di kabin. Dengan demikian bisa melakukan antisipasi bila ada ancaman terhadap kendaraan yang kita kemudikan.

Posting Komentar

0 Komentar