Ticker

6/recent/ticker-posts

Ingat Bahayanya Goyangkan Mobil Saat Isi Bensin

Ilustrasi SPBU. (Foto: Yudi Effriadi/Bogor24.id)



Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Banyak kebiasaan salah kaprah dilakukan pengemudi atau pemilik mobil yang sebenarnya tidak perlu dilakukan dan justru kadang membahayakan. Satu di antaranya adalah menggoyangkan mobil saat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Perilaku ini tidak saja sebuah kegiatan sia-sia namun lebih parahnya bisa menimbulkan bahaya kebakaran. Ini karena berkenaan dengan BBM sebagai benda yang sangat rentan terhadap timbulnya percikan api akibat adanya gesekan dari nozel dengan lubang tutup tangki di kendaraan yang sama-sama berbahan besi atau pelat baja.

Menurut mekanik mobil di bengkel umum Kota Bogor, Iman, bahwa perilaku salah kaprah tersebut baiknya segera ditinggalkan pengemudi atau pemilik mobil. Sebab, membahayakan diri sendiri dan orang lain.

"Harusnya diingat hukum fisika. BBM itu kan bersifat cair, maka otomotis akan bergerak atau mengisi setiap celah kosong yang ada di dalam tangki. Jadi, menggoyangkan mobil saat isi BBM percuma dan yang lebih penting harus diingat bahwa kebiasaan itu membahayakan," jelas Iman.

Pasalnya, ketika mobil digoyangkan akan terjadi gesekan antara ujung nozel dengan ujung lubang tangki mobil. Hal tersebut akan menimbulkan percikan api jika gesekan terjadi cukup lama di antara nozel dan ujung lubang tangki.

"Maka, kalau kita perhatikan kadang petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tidak menempelkan ujung nozel-nya dengan lubang tutup tangki. Ya, itu karena takut adanya gesekan atau percikan karena adanya listrik statis," jelas Iman.

Maka, dirinya menyarankan supaya kebiasaan yang kadang menggelikan itu segera ditinggalkan dan tidak pernah dilakukan lagi oleh setiap pengemudi dan pemilik kendaraan demi keamanan bersama saat berada di SPBU.

Posting Komentar

0 Komentar