Ticker

6/recent/ticker-posts

Habis Dipakai Mudik Sepeda Motor Wajib Dicek Kembali

(Foto:Yudi Effriadi/Bogor24.id)



Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id - Musim libur Lebaran segera berakhir, dan itu berarti untuk bersiap-siap kembali menjalankan rutinitas. Tidak hanya menyiapkan fisik saja, tapi kendaraan juga harus diperhatikan agar siap digunakan kembali menemani aktivitas.

Buat Anda yang pada libur Lebaran kemarin melakukan perjalanan jauh mudik hingga keluar kota mengendarai sepeda motor, maka ada baiknya untuk memeriksa kembali kondisi tunggangan kesayangan. Ini lantaran telah menempuh jarak yang relatif jauh dengan berbagai kondisi medan jalan, maka harus dipastikan komponen-komponennya tidak ada yang bermasalah atau masih dalam keadaan baik.

Baehaqi, mekanik bengkel sepeda motor resmi salah satu pabrikan Jepang menerangkan, wajib bila pemilik sepeda motor untuk melakukan pemeriksaan paska mudik. Langkah tersebut dilakukan agar tunggangan kesayangan siap digunakan kembali untuk beraktivitas.

"Jadi, pemeriksaan kembali sepeda motor ini wajib dilakukan para pemiliknya. Apalagi setelah digunakan untuk mudik yang biasanya menempuh jarak cukup jauh dengan berbagai kondisi medan jalan dan kondisi lalu lintas," kata Baehaqi.



Pemeriksaan tersebut, lanjutnya, mulai dari sistem kelistrikan (aki), lampu-lampu, sistem pengereman, pelumas (oli) mesin dan gardan (untuk motor matik) sampai kondisi kaki-kaki yang meliputi suspensi dan ban.

"Semua komponen ini harus dicek kembali dan bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus datang ke bengkel. Ini semua agar pemilik kendaraan nyaman saat menggunakannya lagi ketika mulai beraktivitas paska libur Lebaran," paparnya.

Terakhir, ia menyarankan supaya sepeda motor dicuci bersih. Untuk membersihkannya, ada baiknya dilakukan setelah beberapa saat digunakan dan sebelum sepeda motor disimpan. Dia juga mengingatkan untuk memeriksa kembali kondisi tekanan udara ban.

"Meskipun kondisi fisik pengendara atau pemilik lelah setelah melakukan perjalanan mudik, tapi sangat disarankan untuk mencuci dulu sepeda motornya sebelum disimpan. Ini supaya sepeda motor dalam kondisi bersih dari bermacam kotoran selama di perjalanan mudik. Baru kemudian pemilik bisa beristirahat untuk memulihkan stamina, termasuk kendaraannya diistirahatkan untuk bersiap melakukan rutinitas lagi," tutupnya.

Posting Komentar

0 Komentar