Ticker

6/recent/ticker-posts

Dari Lampu Sampai AC, Cek Dulu Mobil Sebelum Road Trip

Pemeriksaan mobil sebelum melakukan perjalanan jauh. (Foto: Yudi Effriadi/Bogor24.id)



Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Menempuh perjalanan jauh untuk liburan dengan menggunakan mobil pribadi membutuhkan kesiapan fisik dan kendaraan yang prima. Pasalnya, akan sangat menguras tenaga dan membuat kinerja mobil bekerja ekstra.

Untuk itu wajib hukumnya tubuh agar beristirahat cukup sebelum melakukan perjalanan. Begitu juga dengan kendaraan yang akan digunakan mesti diperiksa semua komponen dan instrumen yang ada berfungsi dengan baik, supaya tidak menimbulkan kendala saat di perjalanan.

Inspeksi atau pemeriksaan ini, dikatakan mekanik bengkel mobil umum di Kota Bogor, Iman, untuk memastikan bahwa kendaraan siap dipakai perjalanan jarak jauh (road trip). Dengan begitu rasa aman dan nyaman pun tercipta.

"Meskipun misalnya mobil sudah melakukan servis berkala, tidak ada salahnya untuk memastikan lagi komponennya dalam keadaan baik. Contoh yang paling mudah adalah memeriksa tekanan udara ban termasuk ban serepnya," jelas Iman, Senin (31/5/2021).

Masih kata Iman, pemeriksaan lainnya yang mudah dilakukan seorang diri di rumah tanpa harus ke bengkel adalah mengecek semua fungsi lampu-lampu (lampu utama, lampu sein dan lampu rem) dan wiper.

"Periksa juga cairan radiator, air wiper, minyak rem dan power steering. Pastikan semuanya berada di level tinggi sesuai yang tertera di masing-masing bak penampungnya. Saya sarankan juga untuk membawa coolant, minyak rem dan minyak power steering untuk berjaga-jaga selama di perjalanan kalau kekurangan," papar Iman.

Lantaran menempuh perjalanan jauh, ia menyarankan untuk tidak lupa memeriksa kinerja AC di mobil. Sebab, salah satu bagian ini yang akan ikut menentukan kenyamanan seluruh penumpang selama di perjalanan.

Posting Komentar

0 Komentar