Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mudah Hindari Karat di Motor

Ilustrasi motor yang bersih dan bebas karat. (Foto: Yudi Effriadi/Bogor24.id)


Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id - Tampilan motor yang bersih pasti menjadi idaman setiap pemiliknya. Tampangnya yang bersih juga akan membuat siapapun yang memandangnya akan berdecak kagum.

Bukan hanya bersih, namun motor yang bersih secara tampilan juga akan menghindarkannya dari bahaya korosi (karat). Penyakit yang satu ini kerap muncul pada bagian atau komponen motor yang selalu dibiarkan dalam kondisi kotor, ini termasuk dari air khususnya air hujan.

Tidak saja akan mengurangi nilai estetika dari motor kesayangan, kondisi karat juga jika dibiarkan lama bersarang dan mengendap akan menyebabkan kerusakan. Tentu ini akan berimbas pada biaya yang mesti dikeluarkan untuk memperbaikinya.

Dijelaskan mekanik salah satu bengkel resmi motor pabrikan Jepang, Baehaqi, sebenarnya mudah untuk menghindari timbulnya karat pada motor. Yang utama adalah menghindarinya dari endapan sisa air yang menempel di bagian atau komponen motornya.

"Karena, air itu bisa dibilang musuh abadinya. Apalagi kalau itu air hujan yang jelas-jelas mengandung zat asam, akan sangat berbahaya kalau membiarkan motor kotor setelah kehujanan dan tidak membilasnya dengan air tawar," ungkap Baehaqi kepada Bogor24.id, Senin (3/5/2021).

Oleh sebab itu, dia menyarankan kepada para biker agar segera mencuci motornya bila sudah menerjang hujan. Minimal dengan menyiramnya, terutama di bagian bawah seperti kolong sepatbor, suspensi dan sela-sela pelek dan rem.

"Di bagian-bagian itulah air biasanya akan mengendap. Lama-kelamaan tentu saja bakal menimbulkan karat. Tidak hanya jelek dipandang, bagian bawah motor yang kotor terutama di bagian remnya akan merusak piringan cakram karena air hujan juga bercampur pasir halus," papar Baehaqi.

Meski demikian, ia juga memperingatkan ketika selesai mencuci motor agar dipastikan benar-benar kering.Walau itu air tawar, namun lantara sifatnya yang juga cair akan berpotensi karat.

"Jadi, pastikan motor kering setelah dicuci. Bukan cuma dilap sampai kering, untuk memastikan semua sisa air turun ada baiknya motor dibawa jalan sebentar. Karena, ada beberapa bagian motor yang sulit dijangkau ketika dilap. Dengan begitu semua sisa air turun," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar