Ticker

6/recent/ticker-posts

Berkaca dari Kecelakaan Moge Di Cisarua, Pentingnya Gunakan Appareal Ketika Naik Motor

Ilustrasi mengendarai motor. (Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Mengendarai motor di jalan raya tidak hanya membutuhkan skill dan pengetahuan yang cukup soal teknik berkendara, namun perlu diketahui juga jika berkendara roda dua ini sangat berisiko.

Oleh sebab itu, jangan pernah sedikit pun biker menyepelekannya saat berkendara menggunakan motor. Termasuk soal kelengkapan appareal untuk meninimalisir potensi bahaya saat terlibat kecelakaan di jalan.

Gunakan Helm SNI

Sesuai fungsi utamanya, kelengkapan yang satu ini wajib hukumnya digunakan saat mengendarai motor karena berfungsi untuk melindungi kepala biker dari cidera serius saat terjadi benturan atau kecelakaan.

Gunakan helm yang sudah memiliki Sertifikat Nasional Indonesia (SNI) dengan standar kualitas yang sudah teruji. Dengan demikian dapat mengurangi risiko cidera yang parah pada kepala saat mengalami kecelakaan atau terlibat kecelakaan.


Pakai sepatu

Perlengkapan yang satu ini kerap disepelekan para biker, padahal sama seperti helm bahwa appareal ini untuk melindungi kaki dari potensi cidera seperti tergores atau terluka ketika kecelakaan.

Pilihlah sepatu yang menutupi hingga bagian mata kaki namun tetap nyaman saat digunakan dan tidak licin. Jangan pernah menggunakan sandal saat mengendarai motor, yang hanya akan memperparah risiko cidera saat terjadinya kecelakaan.


Pilih sarung tangan yang menutup semua jari

Sama halnya dengan appareal di atas, para pengendara motor juga diwajibkan menggunakan sarung tangan ketika mengendarai tunggangannya. Pilih dan gunakan sarung tangan yang menutupi seluruh jari, jangan pernah memilih yang model setengah terbuka.

Karena ketika terjadi kecelakaan para pemotor tidak mempunyai pelindung lain seperti halnya berkendara menggunakan mobil, maka potensi cidera pun semakin terbuka.


Pakai jaket dan celana panjang

Kedua item ini pun jangan luput dari daftar ketika akan mengendarai motor. Karena keduanya untuk melindungi bagian tubuh pengendara dari terpaan angin dan guyuran hujan, termasuk saat mengalami kecelakaan.

Maka menggunakan jaket wajib hukumnya bagi setiap biker, minimal dapat mengurangi risiko cidera. Pilihlah bahan yang tetap nyaman, mampu menyerap keringat dan menghalau angin. Terpenting juga memiliki kemampuan untuk melindungi beberapa bagian tubuh pengendara saat kecelakaan.

Sama halnya dengan celana, maka memang sepatutnya saat berkendara motor menggunakan celana panjang. Ini agar bagian bawah tubuh mulai dari pinggul, pinggang, paha, lutut sampai betis dapat terlindungi.

Posting Komentar

0 Komentar