Ticker

6/recent/ticker-posts

Belanja Online Gaya Hidup Masa Kini

Ilustrasi berbelanja melalui e-commerce. (Foto: Devina Putri)


Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Tidak bisa dipungkiri jika internet kini sudah menjadi bagian kehidupan sebagian besar masyarakat. Dengan internet pula kini semakin memudahkan orang untuk melakukan hal apapun di dalam kesehariannya, tak terkecuali soal berbelanja.

Kebiasaan ini akhirnya dipilih dan semakin digemari terutama sejak pandemi covid-19 melanda Indonesia. Di mana pemerintah mengeluarkan beragam kebijakan dengan mengatur mobilitas masyarakat yang praktis membuatnya harus banyak berdiam diri di rumah. Mulai dari belajar, bekerja, beribadah sampai berbelanja berbagai kebutuhan rumah tangga.

Tren belanja online pun perlahan mulai bergeliat dan perlahan terus menunjukkan peningkatannya. Bahkan ketika banyak sektor harus terpuruk akibat dampak pandemi, justru e-commerce berjaya dan jasa ekspedisi pun setali tiga uang alias berkembang.

Akhirnya aktivitas yang satu ini tidak saja menjadi kebiasaan namun juga telah menjadi gaya hidup banyak orang, khususnya mereka kaum milenial dan kaum urban. Mereka yang berbelanja melalui aplikasi digital ini bahkan tidak sekadar memenuhi kebutuhan sandang semata. Tetapi, belanja elektronik, furniture hingga melakukan beragam transaksi.

Faktor fleksibilitas, aksesibilitas dan efisiensi inilah yang menjadi pertimbangan banyak orang memutuskan untuk memilih berbelanja secara online. Cukup bermodalkan gadget, ketika sedang berada dimana pun, semua kebutuhan yang diperlukan tinggal dipesan dan menunggunya tiba di rumah.

Seperti penuturan seorang ibu muda di salah satu kawasan perumahan Kota Bogor, Deswati. Dia mengaku setidaknya menggunakan e-commerce itu tiga kali dalam sebulan. Bermacam kebutuhan ia beli di platform digital ini.

"Jelas belanja di e-commerce ini sangat mudah, praktis dan efisien. Kita bisa sambil santai di rumah, lihat-lihat barang yang mau dibeli dari ponsel, pesan, selesai. Apalagi saya pikir kalau belanja di online shop itu sekarang rasanya sudah jadi gaya hidup buat masyarakat perkotaan dan juga kalangan lainnya," ungkap Deswati.

Posting Komentar

0 Komentar