Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Jaga Warna Cat Mobil Putih Tetap Kinclong

Ilustrasi mobil putih baru dicuci. (Foto: Andri Budiman/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Dalam beberapa tahun ke belakang warna mobil semakin beragam, tidak hanya warna hitam atau silver saja seperti pada dekade 90-an.

Pabrikan mobil kini banyak mengeluarkan varian warna pada produknya, terutama pada kendaraan-kendaraan di kelas mobil murah (Low Cost Green Car/LCGC). Satu di antara warna yang menjadi favorit pilihan calon pembeli adalah warna putih.

Tidak hanya cerah, mobil yang memiliki cat warna putih juga akan menimbulkan kesan elegan, resik dan rapi. Meski demikian, mobil yang berwarna putih ini membutuhkan perhatian khusus agar tetap kinclong dan tidak kusam.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemilik mobil berwarna putih supaya kualitas tampilan catnya tetap terjaga bersih dan menarik.

Kurangi menjemur mobil di bawah matahari langsung

Musuh mobil berwarna putih selain air adalah sinar matahari. Teriknya paparan sinar ultraviolet ini jika terus dibiarkan berlangsung lama akan membuat warna cat menjadi kusam dan dalam jangka panjang akan menimbulkan efek menguning.

Bagi Anda pemilik mobil berwarna putih, usahakan untuk tidak sesering mungkin membiarkan kendaraan kesayangan dijemur langsung di bawah terik sinar matahari. Entah itu saat berada di perkantoran, pusat perbelanjaan maupun ketika di rumah. Usahakan mobil tidak terpapar langsung dan terlindungi.

Bila di tempat-tempat umum, carilah area parkir yang teduh seperti di basement atau memiliki atap. Begitu pun halnya di rumah. Jika garasi tidak memiliki atap, minimal menutupi mobil menggunakan cover yang banyak dijual di pasaran.

Tidak mencuci mobil di bawah sinar matahari

Tidak sedikit pemilik mobil mencuci mobilnya di bawah terpaan sinar matahari langsung, termasuk yang berwarna putih. Anggapannya mobil akan cepat kering, sehingga meringankan pekerjaan ketika mengeringkannya.

Padahal, hal tersebut keliru dan sangat tidak disarankan. Karena, sinar ultraviolet yang mengenai bagian bodi mobil warna putih akan mengakibatkan catnya berubah kusam dan menguning. Sebab, umumnya pemilik kendaraan akan tidak langsung membilasnya. Tapi, lebih memilih menyelesaikan pembersihan mobilnya secara meenyeluruh.

Solusinya adalah mencuci mobil di tempat yang teduh atau beratap. Jika memang garasi di rumah tidak memiliki atap, Anda bisa menyiasatinya dengan mencuci mobil di waktu pagi dan sore hari ketika matahari tidak terlalu terik.

Gunakan sabun dan sampo khusus

Seringkali ditemui pemiliki mobil yang mencuci kendaraannya tidak menggunakan sabun atau sampo khusus, melainkan lebih memilih memakai sabun pencuci piring bahkan detergen. Mulai sekarang, jangan pernah melakukannya lagi!

Penggunaan sabun atau sampo khusus bukan untuk mobil sangat tidak direkomendasikan karena tidak sesuai dengan fungsinya. Itu akan berakibat buruk, karena akan merusak warna mobil.

Maka, sangat dianjurkan untuk menggunakan sabun atau sampo khusus untuk mobil. Karena sesuai dengan spesifikasi dan fungsinya, mencuci mobil menggunakan sabun atau sampo khusus juga akan membuat tampilan cat kendaraan tetap terjaga dan bertahan lama.

Tidak kalah pentingnya ketika proses pembilasan, jangan sampai ada bagian mobil yang terlewat dan menyisakan busa-busa sabun atau sampo. Siram atau semprot dari bagian atas (atap) terlebih dulu, baru kemudian bodi dan kolong mobil.

Keringkan mobil dengan benar

Tahapan akhir ini menjadi faktor penentu kualitas cat mobil berwarna putih tetap kinclong. Disarankan untuk menggunakan lap berdaya serap baik, karena pemilihan atau penggunaan lap yang tepat juga akan membantu mempercepat pengeringan.

Penggunaan lap berdaya serap baik pun tidak saja akan mengeringkan secara optimal, tapi dijamin tidak akan menimbulkan bercak pada bodi atau bagian kaca mobil.

Setelah itu, sebenarnya masih ada satu tahapan sebagai upaya menjaga atau mempertahankan warna cat putih mobil. Meski tidak mesti sesering mencuci mobil, memoles (detailing) mobil juga mesti dilakukan. Setidaknya dalam kurun waktu 2 bulan sekali. Hal ini untuk memberikan perlindungan ekstra pada warna dan bodi mobil.

Posting Komentar

0 Komentar