Ticker

6/recent/ticker-posts

Tidak Mesti Jauh dan Mahal, Ini Bersepeda yang Sehat

Bersepeda santai secara berkelompok. (Foto: Donni/Bogor24.id)



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Kegiatan bersepeda kini sudah dilakoni banyak orang dan bahkan telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat perkotaan.

Tren ini semakin meningkat bisa dilihat sekitar medio 2020 lalu saat pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia. Banyak masyarakat yang bahkan awam dan tidak pernah bersepeda sebelumnya, ramai-ramai membeli sepeda.

Tidak salah memang jika akhirnya orang-orang melakoni olahraga yang satu ini. Karena bersepeda memiliki segudang manfaat kesehatan. Ajang untuk refreshing, menjaga kebugaran tubuh hingga menjaga kesehatan jantung.

Meski begitu, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan pesepeda (terutama pemula). Ini penting diketahui agar manfaat dari aktivitas menyehatkan ini bisa didapatkan.

1. Jenis sepeda

Meski sama-sama dikayuh, tapi akan sangat tidak tepat bila seandainya ke daerah pegunungan dengan medan berat menggunakan sepeda lipat (folding bike) atau sepeda jalanan (road bike).

Oleh karena itu, penting untuk menentukan jenis sepeda yang akan dipakai. Tentunya sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki. Tapi, bila Anda pemula ada baiknya pilihlah sepeda yang hanya digunakan untuk di trek mulus (jalan beraspal).

Belajar dan biasakanlah terlebih dahulu kemampuan dan kekuatan fisik kita dalam bersepeda di jenis trek ini. Jalanilah setidaknya sepekan sekali untuk paling tidak menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan imunitas. Untuk di rute semacam ini, Anda bisa memilih sepeda lipat atau sepeda gunung jenis hardtrail.

2. Pilih trek sesuai kemampuan

Meskipun hanya bersepeda di jalanan perkotaan atau sedikit cross country, ada baiknya untuk memilih trek yang tidak terlalu ekstrem. Tujuan terpentingnya adalah melepaskan penat, bersantai namun sekaligus olahraga.

Kayuhlah sepeda dengan santai dan teratur, jangan terlalu memaksakan diri bila memang tubuh sudah meminta istirahat. Sekali lagi harap diingat, Anda hanya bersenang-senang memanjakan mata dan menenangkan pikiran. Apalagi bersepeda secara berkelompok bersama teman atau keluarga.

3. Lakukan secara berkelompok

Lantaran hanya untuk bersenang-senang, maka bersepeda akan lebih mengasyikan bila dilakukan secara berkelompok. Ada banyak keuntungan yang didapat.

Ketika kita mengalami kendala dengan sepeda, paling tidak ada orang yang bisa ikut membantu memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak. Bila ada sesuatu yang bersifat darurat pun, kita akan mudah mendapatkan pertolongan.

Dengan bersepeda secara berkelompok, kita juga bisa saling bertukar cerita dan berbincang ketika di perjalanan atau saat beristirahat. Tentu dokumentasi kegiatan bersepeda juga akan jauh lebih menarik.

Terpenting lagi, tidak harus membeli atau mempunyai sepeda yang mahal dengan spek yang fantastis. Yang utama adalah seberapa sering kita rutin mengayuh sepeda dan menjelajah dengannya, tubuh sehat, pikiran segar, imunitas terjaga, pertemanan bertambah.

Posting Komentar

0 Komentar