Ticker

6/recent/ticker-posts

Tak Mesti Beli, Ini Camilan Buka Puasa yang Bisa Dibuat Sendiri

Ilustrasi camilan tahu goreng isi. (Foto: Dok. Bogor24.id)




Penulis: Aysha Salsabila
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Bulan puasa merupakan bulan penuh berkah dan selalu dinanti seluruh umat muslim di mana pun. Tidak saja dengan bermacam kekhasan ritual ibadahnya, namun juga menu makanan dan minumannya.

Khusus untuk makanan dan minuman ini, seolah sudah menjadi tradisi dan kebiasaan bagi sebagian besar orang yang menunaikan ibadah puasa bahwa ada sejumlah menu yang terkesan wajib tersedia sebagai teman berbuka puasa.

Ada beberapa camilan wajib dan selalu jadi favorit ketika bulan puasa. Di antaranya ada mie golosor, gorengan, kolak, kurma dan aneka minuman berbahan dasar es.

1. Gorengan
Camilan yang satu ini sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat kita yang kerap dijadikan pendamping saat bersantap makan maupun teman di kala kongkow.

Ketika berbuka puasa pun, camilan yang terdiri dari beragam jenis ini seringkali terlihat di meja makan. Ada tempe goreng, risol, bakwan, cireng, tahu isi sampai pisang molen yang semuanya disuka banyak orang.

2. Mie golosor
Untuk camilan ini, mie golosor seolah menjadi identitas warga Bogor dan selalu dicari ketika bulan Ramadhan. Untaian mie panjang berwarna kuning dengan tekstur kenyal ini akan sangat sempurna bila ditambah siraman sambal kacang di bagian atasnya. Sebagai pelengkapnya, kerap ditambahkan kerupuk.

3. Kolak
Jika dua camilan di atas cenderung asin dan gurih, untuk yang satu ini digemari penyuka makanan manis yaitu kolak. Kuah kental manis dari gula merah yang menjadi identitas dari camilan ini berbaur dengan rasa gurih dari santan sebagai pelengkapnya, ditambah lembaran daun pandan yang akan memberikan sensasi wangi khasnya. Kolak ini umumnya menggunakan buah pisang, ubi atau tapai singkong.

4. Aneka minuman es
Puasa seharian tentunya akan memerlukan minuman pelepas dahaga yang menyegarkan, dan minuman berbahan dasar es pasti penawarnya.

Ada banyak macam es yang biasa dikonsumsi orang ketika berbuka puasa. Di antaranya dari yang paling mudah adalah es kelapa, jus buah, es campur dan sop buah. Semua sajian tersebut bisa kita buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasaran.

Selain akan menghemat pengeluaran, mengkonsumsi aneka camilan itu juga dijamin akan lebih higienis dengan bahan dan racikan yang kita buat sendiri.

Posting Komentar

0 Komentar