Ticker

6/recent/ticker-posts

Sebelum Mengemudi, Cek Dulu Komponen Ini

(Foto: Yudi Effriadi/Bogor24.id)




Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Aktivitas mengemudi kendaraan roda empat masih kerap disepelekan oleh sebagian orang. Mereka berpikiran mengendarai mobil hanya cukup dibutuhkan keahlian dalam berkendara saja.

Padahal ada ritual yang mesti dilakukan seseorang sebelum menjalankan kendaraannya di jalan raya. Kegiatan ini tidak lain untuk kenyamanan dan tentu saja keselamatan saat di perjalanan. Waktu yang dibutuhkan pun tak seberapa lama.

Iman, mekanik salah satu bengkel umum di Bogor menyebutkan, ada sejumlah komponen atau bagian kendaraan yang harus diperiksa terlebih dulu. Mayoritas adalah komponen berupa cairan.

"Pengemudi atau pengendara wajib periksa dulu air radiator, air wiper, air aki (jika menggunakan jenis basah), minyak rem dan minyak power steering sebelum berangkat. Tidak lupa juga cek ketinggian dan kondisi pelumas (oli) mesin melalui dipstik," jelas Iman, Rabu (7/4/2021).

Tidak cukup sampai di situ, ia juga menyarankan setiap pengemudi memeriksa tekanan angin seluruh ban. Cek secara kasat mata, apakah dirasa kurang atau tidak. Karena bila tekanannya tidak sesuai (kurang) akan memberatkan kinerjanya. Apalagi komponen yang satu ini bersentuhan langsung dengan aspal.

"Tekanan angin ban juga sangat penting, apalagi kalau diketahui tekanannya kurang. Selain membuat bebannya semakin berat, berisiko pula mengalami pecah ban terutama saat melaju dalam kecepatan tinggi di jalan tol," ungkapnya.

Oleh sebab itu, dirinya kembali mengingatkan agar setiap pengemudi untuk selalu melakukan inspeksi terlebih dahulu sebelum benar-benar mengendarai mobilnya. Dengan demikian tidak akan menemui kendala atau bahkan fatalitas kecelakaan selama di perjalanan.

Posting Komentar

0 Komentar