Ticker

6/recent/ticker-posts

Munggahan, Tradisi Jelang Bulan Suci Ramadhan

Ilustrasi makan bersama. (Foto: Dok. Bogor24.id)




Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Bulan suci Ramadhan 1442 H hanya tinggal hitungan hari. Di mana bulan yang penuh berkah ini sangat dinantikan seluruh umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Di tanah air sendiri, ada begitu banyak tradisi yang kerap dilakukan umat muslim dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan ini. Di antaranya adalah munggahan.

Munggahan adalah tradisi umat muslim dari tanah Sunda dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang biasanya dilakukan pada akhir bulan Sya'ban atau sekitar satu sampai dua hari jelang puasa.

Munggahan berasal dari Bahasa Sunda, unggah yang berarti naik. Kata ini bermakna naik ke bulan yang suci atau tinggi derajatnya. Tradisi munggahan sendiri dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT membersihkan diri dari hal-hal yang buruk selama setahun ke belakang dan agar terhindar dari perbuatan yang tidak baik selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Biasanya munggahan ini diisi dengan bermacam kegiatan seperti berkumpul bersama keluarga yang dilanjutkan dengan acara makan bersama (cucurak atau botram).

Selain itu ada pula yang mengunjungi tempat wisata bersama keluarga, berziarah ke makam para leluhur atau mengamalkan sedekah munggah (sedekah pada sehari menjelang bulan puasa).

Posting Komentar

0 Komentar