Ticker

6/recent/ticker-posts

Meski Tak Mudik, Kondisi Mobil Harus Tetap Diperhatikan

 

Ilustrasi mobil yang sedang melakukan service di bengkel. (Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Meski pemerintah kembali mengeluarkan keputusan mengenai larangan mudik Lebaran, namun bukan berarti kewajiban melakukan service berkala diabaikan pemilik mobil. Apalagi bila jadwal service-nya ada pada masa diberlakukannya larangan mudik.

Dengan memeriksakan kendaraan secara rutin tentunya akan ada banyak keuntungan yang didapat. Selain pastinya keamanan dan kenyamanan yang terjamin, sehatnya kondisi mobil juga akan mengurangi risiko besarnya biaya yang harus dikeluarkan ketika mengabaikan adanya kerusakan atau masa komponen yang sudah waktunya diganti.

Maka, seperti diingatkan mekanik di salah satu bengkel mobil umum di Bogor, Iman bahwa jangan sampai adanya larangan mudik ini justru malah diabaikan dan menjadi alasan untuk menunda jadwal rutin service kendaraan kesayangan.

"Karena mau mobil dipakai jarak jauh atau tidak seperti perjalanan mudik misalnya, kalau sudah waktunya melakukan service atau sekadar tune-up maka harus dilakukan. Ini tentunya bagus buat kendaraan menjadi lebih terawat dan rasa aman juga didapat ketika melakukan perjalanan," ungkap Iman kepada Bogor24.id, Kamis (22/4/2021).

Menurutnya, kondisi mobil yang jarang melakukan service berkala akan merugikan pemiliknya di kemudian hari. Kerugian ini tentu saja soal biaya yang harus ditanggung ketika ada bagian komponen mobil yang mengalami kerusakan.

"Contohnya begini, mobil sudah dirasa tenaganya kurang bertenaga. Ketika dikemudikan terasa berat putaran mesinnya. Ini padahal kalau diperiksakan lebih dini atau minimal sesuai jadwalnya, tentu tidak akan merepotkan pemiliknya. Risiko bahan bakar jadi lebih boros, mobil mogok di jalan sampai risiko harus turun mesin kalau terus dibiarkan dapat dihindari," papar Iman.

Oleh sebab itu, dia kembali mengingatkan para pemilik mobil untuk selalu rutin melakukan service kendaraannya. Minimal setiap kali akan berkendara untuk melakukan pemeriksaan seperti mengecek sejumlah cairan pada mobil (air radiator, air wiper, air aki bila masih menggunakan tipe basah, minyak rem, minyak power steering dan kondisi pelumas mesin atau oli).

Jangan lupa juga periksa sistem kelistrikan, fungsi lampu-lampu pada mobil (lampu utama, lampu rem, lampu sein hingga lampu di kabin), ban (periksa kondisi ketebalan dan alurnya serta tekanan udara, termasuk ban cadangan), transmisi (khususnya yang manual) hingga suspensi.

"Intinya adalah perhatikan selalu kondisi kendaraan. Minimal sebelum mengendarainya kita memeriksa dulu sejumlah komponen vital di mobil seperti tekanan udara ban, rem, rem tangan dan cairan-cairan yang bersinggungan dengan kinerja mobil. Kalau terus dipantau dijamin berkendara akan aman dan nyaman," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar