Ticker

6/recent/ticker-posts

Manfaat Menanam Pohon di Rumah

Ilustrasi rumah yang ditanami pepohonan (Foto: Istimewa)




Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Menanam pohon tidak saja sebuah aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah, tapi ada sejumlah manfaat dan dampak positif lainnya yang dapat kita rasakan dengan kehadiran pohon.

Tidak saja akan menambah keindahan di sekitar lingkungan rumah kita, menanam pohon juga bahkan bisa menjadi bentuk investasi jangka panjang. Baik terhadap kondisi lingkungan maupun secara ekonomis.

Berikut adalah beberapa keuntungan menanam pohon di rumah.

Kualitas udara lebih baik

Pohon mengurangi polusi udara dan bahkan menghilangkan emisi bahan bakar fosil dari atmosfer. Meskipun pengurangan emisi bahan bakar fosil penting, hal itu juga dapat berdampak langsung pada kualitas udara di rumah.


Melawan perubahan iklim

Melalui fotosintesis, pohon menyerap karbondioksida yang berbahaya, menghilangkan dan menyimpan karbon dan melepaskan oksigen kembali ke udara.


Mencegah erosi dan limpasan air hujan

Selama hujan lebat, limpasan air mengalir ke sungai, danau, dan lahan basah, sehingga berpotensi menimbulkan banjir.

Itu juga mengambil dan membawa polutan di sepanjang jalan. Daun dan ranting pohon membantu menahan hujan yang turun dan akarnya menahan tanah di tempatnya, mendorong air meresap ke dalam tanah daripada mengalir.


Kesehatan mental lebih baik

Pohon tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik secara positif, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan mental diri kita.


Satwa liar yang berkelanjutan

Pohon bertindak sebagai habitat burung, tupai, dan satwa liar lainnya, sekaligus menyediakan makanan dan tempat berteduh. Banyak pohon menarik penyerbuk seperti lebah, yang pada gilirannya membantu ekosistem global.


Tingkatkan nilai properti

Lanskap tidak diragukan lagi meningkatkan daya tarik tepi jalan rumah, tetapi ternyata pepohonan juga dapat memengaruhi nilai rumah secara signifikan.

Studi tentang rumah yang sebanding dengan dan tanpa pohon menunjukkan bahwa jika kita memiliki pohon di halaman rumah, maka nilai rumah bisa meningkat hingga 15 persen. Ini semua tentang daya tarik tepi jalan, dan pepohonan yang membuat rumah dan halaman lebih indah.


Hemat energi

Menanam pohon dapat menghasilkan penghematan utilitas yang besar dalam jangka panjang. Efek pendinginan pohon dewasa dapat mengurangi konsumsi AC hingga 30 persen.

Bergantung pada iklim dimana kita tinggal, pohon dapat digunakan untuk memaksimalkan keteduhan, menangkis angin dingin, menyalurkan angin sepoi-sepoi, atau memperbesar efek pemanasan matahari.


Memberi hadiah kepada keturunanmu

Pohon dapat hidup ratusan tahun. Jadi ketika menanamnya, kita memberikan hadiah kepada anak cucu yang berdampak sangat baik dan berguna untuk mereka.

Itu adalah simbol komitmen kita terhadap lingkungan dan keindahan dunia di sekitar yang akan hidup jauh melampaui masa hidup kita sendiri.

Posting Komentar

0 Komentar